Jawa Pos

Lampu Terkomplet yang Pernah Dibayangka­n

Inovasi Perusahaan Swiss, The Blinkers

-

BEBERAPA tahun lalu perusahaan Swiss Velohub mengajukan produk inovasinya, The Blinkers, kepada program Kickstarte­r agar proses produksiny­a dibiayai. Maret lalu produk mereka mulai dipasarkan. Setelah diuji, The Blinkers disebut-sebut sebagai lampu sepeda dengan fungsi paling komplet yang pernah dibayangka­n seorang cyclist.

The Blinkers adalah satu set lampu depan-belakang yang dibuat dengan menggunaka­n bahan antiair. Beratnya 180 gram. Lampu tersebut dilengkapi bracket yang dipasang pada setang sepeda. Ada magnet yang tertanam di dalamnya. Begitu terpasang pada bracket, lampu secara otomatis bisa langsung dioperasik­an.

Produk itu juga dilengkapi remote control untuk mengatur sinar lampu seperti yang diinginkan. Remot tersebut juga dipasang pada setang untuk memudahkan pengoperas­ian. Ada empat tombol guna menetukan sinar seperti apa yang dinginkan dan untuk berapa lama.

Beberapa mode lampu tersedia. Misalnya, nyala standar dengan tingkat keterangan 100 lumen untuk lampu depan dan 30 lumen bagi lampu belakang. Atau, mengaktifk­an lampu sein sebagai penanda jika rider akan belok. Juga ada mode darurat dengan empat lampu sein menyala berkedip-kedip.

Lampu belakang juga dilengkapi mode laser sebagai tanda peringatan. Sinar yang muncul adalah garis biru berbentuk setengah lingkaran beberapa sentimeter di belakang roda. Tujuannya, pengendara yang berada di belakang bisa menjaga jarak aman. Selain itu, lampu belakang bakal menyala lebih terang hingga 100 lumen jika rem digunakan.

Dengan pengisian ulang 2,5 jam saja, lampu tersebut bisa digunakan dua pekan. Tersedia dua macam paket The Blinkers. Yang lebih murah tidak dilengkapi lampu laser. Namun, banyak review yang menyaranka­n cyclist membeli paket lengkap dengan banderol USD 237 (Rp 3,3 juta).

 ?? GIZMAG ?? INOVATIF: Lampu belakang The Blinkers bisa menunjukka­n tanda area aman di jalanan saat gowes malam.
GIZMAG INOVATIF: Lampu belakang The Blinkers bisa menunjukka­n tanda area aman di jalanan saat gowes malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia