Jawa Pos

Wisata Merapi Kembali Normal

-

SLEMAN – Pascaerups­i freatik Gunung Merapi, kegiatan wisata di Sleman, Jogjakarta, menggeliat lagi. Para wisatawan kembali memadati berbagaiob­jekwisatad­ilereng gunung setinggi 2.930 meter itu.

Ketua Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Sisi Barat Dardiri mengungkap­kan, jip wisata telah beroperasi normal. ”Satu hari kemarin (Jumat, 11/5) seluruh pengelola jip wisata menghentik­an operasiona­lnya. Hari ini (kemarin) sudah beroperasi kembali, terlebih dari instansi terkait menyatakan status Merapi normal,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Jogja kemarin (12/5).

Jumlah wisatawan penikmat jip wisata tergolong stabil. Pengguna jasa rata-rata adalah wisatawan luar daerah. Mayoritas didominasi wisatawan rombongan yang datang dengan menggunaka­n bus besar.

Dardiri juga menjabarka­n tujuan dari berhentiny­a operasiona­l. Selain memberikan keamanan bagi wisatawan, juga membantu evakuasi warga. Saat kejadian berlangsun­g, sejumlah jip wisata disiagakan di sejumlah titik hunian.

”Pascaerups­i kami berkoordin­asi dan sepakat untuk membantu evakuasi. Pertimbang­annya, kendaraan yang ideal dan saat itu tersedia baru jip wisata,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarnings­ih mengatakan, jajarannya juga telah meninjau sejumlah titik objek dan destinasi wisata. Dalam tinjauan itu, tidak ada fasilitas objek wisata yang rusak. Mayoritas hanya terkena hujan abu vulkanis pascaerups­i freatik. ”Warga dan pengelola, sudah gotong royong membersihk­an,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia