Jawa Pos

Amankan Lima Gay, Satu Positif HIV/AIDS

-

SURABAYA – Tim Asuhan Rembulan Satpol PP Surabaya mengamanka­n sembilan orang dalam operasi dini hari kemarin (12/5). Lima di antara mereka ditengarai sebagai penyuka sesama atau sering dikenal dengan gay di Gang Pattaya.

”Ngapain pukul empat pagi gelap-gelapan di sana. Jadi, petugas langsung menangkap mereka,” ujar Kepala Satpol PP Surabaya Irvan Widyanto kemarin. Dia menerangka­n bahwa Gang Pattaya sudah dikenal sebagai sarang penyuka sesama jenis.

Lokasinya tak jauh dari Monumen Kapal Selam (Monkasel), di bantaran Kalimas. Beberapa kali satpol PP merazia tempat itu. Namun, masih saja mereka tak kapok.

Lima pria itu sempat mengelak saat petugas datang menggerebe­k. Namun, mereka tidak bisa membantah petugas begitu smartphone mereka diperiksa petugas. Ditemukan percakapan dan foto-foto bugil mereka.

Lima orang itu langsung dimasukkan ke truk satpol PP beserta empat motor. Sudah ada empat perempuan tanpa identitas di dalam truk tersebut. Mereka terjaring di Kedung Cowek kaki Suramadu dan Taman Bungkul. Mereka tidak bisa menunjukka­n identitas.

Namun, setelah didata di markas komando (mako) satpol PP di dekat balai kota, empat perempuan tersebut dipulangka­n. Keluarga datang menjemput dengan membawa data diri masing-masing.

Sementara itu, lima pria yang terjaring di Gang Pattaya dimasukkan ke Liponsos Keputih. Satu pria yang tertangkap dinyatakan positif HIV/AIDS. Pria asal Sampang itu sudah lima tahun terindikas­i HIV/AIDS. Hingga kini dia masih menjalani perawatan. ”Kami berkoordin­asi dengan dinas kesehatan,” ujar mantan camat Rungkut tersebut.

Irvan menerangka­n, operasi tim rembulan terus dilakukan setiap hari. Selain memberanta­s prostitusi, operasi dilakukan untuk menekan peredaran minuman beralkohol dan balap liar di seluruh penjuru kota.

Ngapain pukul empat pagi gelap-gelapan di sana. Jadi, petugas langsung menangkap mereka.”

IRVAN WIDYANTO Kepala Satpol PP Surabaya

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia