Jawa Pos

Permintaan Songkok Lukis Karakter Tinggi

-

GRESIK – Ramadan tinggal menghitung hari. Pernik-pernik untuk ibadah mulai diburu masyarakat. Salah satunya, songkok lukisan dengan motif karakter kartun.

Permintaan songkok naik 150 persen jika dibandingk­an dengan bulan sebelumnya. Salah seorang perajin M. Anhar mengatakan, pesanan tidak hanya datang dari Gresik. ’’Bahkan, juga luar Jawa,” ujar Anhar kemarin (12/5).

Songkok lukis itu dikerjakan secara manual layaknya membatik. Meski sudah ada sketsanya, pekerja harus tetap teliti. Satu songkok bisa diselesaik­an dalam waktu 30 menit hingga 1 jam. ’’Sesuai tingkat kesulitan gambar,” ucapnya.

Perajin yang merintis usaha sejak 2014 itu mengatakan, memang banyak motif karakter kartun. Sebab, produknya menyasar anak-anak. Misalnya, karakter Thomas, Cars, atau Super Wings. Tahun lalu Anhar hanya membuat songkok lukis bertema ilustrasi masjid.

Permintaan yang tinggi membuat dia harus menambah karyawan. Selama ini dia hanya mampu memproduks­i 8–10 kodi songkok. Saat ini Anhar hanya dibantu dua karyawan. ’’Supaya pesanan bisa cepat dikirim,” ujar Anhar.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? SASAR ANAK-ANAK: Sholeh melukis songkok untuk memenuhi permintaan menjelang Ramadan.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS SASAR ANAK-ANAK: Sholeh melukis songkok untuk memenuhi permintaan menjelang Ramadan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia