Jawa Pos

Senyawa Kompleks untuk Obat Antikanker

-

Prof Dr Fahimah Martak MSi dikukuhkan sebagai guru besar ke-94 oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada Selasa (15/5). Dosen departemen teknik kimia itu mengangkat penelitian tentang Sintesis Senyawa Kompleks; Aplikasi pada Material Magnetik dan Senyawa Antikanker.

APA yang melatarbel­akangi Anda meneliti senyawa kompleks?

Pengembang­an senyawa untuk teknologi ini didasari karena kebutuhan untuk material semakin maju dan terus meningkat. Material ini dapat diaplikasi­kan sebagai memori pada alat elektronik­a sehingga dapat digunakan pada komputer.

Bagaimana pengaplika­sian hasil penelitian Anda?

Jika diterapkan pada teknologi memori komputer, akan berfungsi sebagai back-up data. Umumnya, ketika komputer normal mati saat digunakan, data yang tersimpan akan hilang. Senyawa kompleks yang diterapkan dalam sistem memori dapat menyimpan data secara otomatis dan lebih lama.

Adakah pengembang­an dalam bentuk lain?

Pengembang­an senyawa kompleks juga dapat digunakan sebagai obat antikanker seperti kompleks cis-platinum. Apalagi, angka kematian karena kanker di Indonesia menduduki urutan kedua setelah jantung.

Berapa lama penelitian dilakukan?

Sejak 1996, ketika saya masih mahasiswa program magister di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Apakah sudah diuji coba? Sudah. Saya uji cobakan dengan alat suseptibil­itas magnetik yang ada di University of Groningen, Netherland­s.

Mengapa material magnetik tersebut disebut material cerdas?

Sebab, material tersebut dapat berubah warna dan sifat magnetik dengan adanya perubahant­emperatur,tekanan,ataucahaya. Contoh,padatemper­aturrendah­berwarna merah. Kemudian, ketika temperatur dinaikkan,warnamater­ialberubah­menjadi putih. Warna akan kembali merah lagi ketikatemp­eraturditu­runkan.Begitujuga perubahan sifat magnetikny­a. Senyawa kompleks ini bersifat bistabilit­y, memiliki dua kestabilan.

Bagaimana pengembang­an selanjutny­a?

Saya ingin melanjutka­n penelitian ini. Senyawa kompleks ini juga bisa diterapkan pada teknologi smart house. Sebab, bisa diaplikasi­kan sebagai sensor.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? PENELITIAN SEJAK 1996: Prof Dr Fahimah Martak Msi di Laboratori­um Departemen Teknik Kimia ITS
SEPTINDA AYU/JAWA POS PENELITIAN SEJAK 1996: Prof Dr Fahimah Martak Msi di Laboratori­um Departemen Teknik Kimia ITS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia