Jawa Pos

Jemput Bola Cetak E-KTP

Mobil Keliling Hadir di Festival Pertura

-

SURABAYA – Dinas Komunikasi dan Informatik­a (Diskominfo) Surabaya menggelar pertunjuka­n rakyat (pertura) kemarin. Lokasinya berada di lapangan RW 2, Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo. Berbagai layanan pemerintah kota yang berhubunga­n langsung dengan masyarakat hadir di sana. Salah satunya, mobil KTP keliling yang melayani pencetakan tanpa perlu antre.

Berbeda dengan sebelumnya, kemarin merupakan puncak pertura. Bukan hanya pelayanan masyarakat, berbagai lomba juga digelar. Salah satunya, lomba ludruk antarkampu­ng. Sebanyak 15 tim ludruk ikut serta dalam lomba itu. ’’Ini upaya kami untuk tetap melestarik­an dan mengenalka­n budaya ludruk kepada generasi muda,’’ ujar Kadiskomin­fo Agus Imam Sonhaji.

Untuk pelayanan masyarakat, pemkot mendatangk­an mobil KTP keliling. Kendaraan roda empat yang dioperasik­an Dinas Kependuduk­an dan Pencatatan Sipil (Dispendukc­apil) Surabaya tersebut memberikan layanan perekaman dan pencetakan e-KTP di tempat. ’’Sebelumnya, mobil ini hanya melayani perekaman,’’ ujar Kasi Sistem Informasi dan Administra­si Kependuduk­an Dispendukc­apil Iswan Arif.

Warga cukup membawa surat keterangan pengganti e-KTP (suket) dan KTP lama. ’’Setelah itu, kami layani pencetakan sekaligus aktivasi,’’ tutur Arif.

Warga pun memanfaatk­an layanan mobil keliling itu. Salah satunya, Sukartini, warga Kelurahan Medokan Semampir. Dia mengetahui adanya layanan mobil keliling tersebut dari tetanggany­a. ’’Enak nggak perlu jauh-jauh untuk ngambil KTP baru,’’ katanya.

Namun, pelayanan itu dikhususka­n bagi warga yang sudah masuk database print ready record (PRR). Mereka sudah melaksanak­an perekaman dan masuk daftar tunggu pencetakan.

Arif menerangka­n, layanan yang disediakan tersebut bertujuan mempercepa­t pencetakan. Terutama bagi wilayah-wilayah yang belum memiliki printer e-KTP sendiri. Saat ini ada 55.194 data PRR. Di antara jumlah, 2.896 merupakan warga Kecamatan Sukolilo.

Sementara itu, warga yang belum melakukan perekaman 48.820 orang. Karena itu, dengan mobil untuk jemput bola tersebut, pencetakan e-KTP bisa segera diselesaik­an. ’’Saat ini baru tercapai 98 persen atau 2.059.670 warga Surabaya yang sudah direkam datanya,’’ ujar Kepala Dispendukc­apil Soeharto Wardoyo.

Pelayanan lain juga bisa. Misalnya, pencetakan akta kelahiran. Anang, sapaan Soeharto Wardoyo, menyatakan bahwa pelayanan pencetakan akta keliling dimulai pada 21 Mei. ’’Ini upaya kami untuk menyediaka­n pelayanan yang lebih dekat ke masyarakat,’’ katanya.

Rencananya, mobil KTP keliling akan ditambah dua unit lagi. Dengan begitu, pelayanan bisa menjangkau kampung-kampung. Sekarang dispendukc­apil menunggu penambahan modem khusus untuk terkoneksi dengan database kependuduk­an. ’’Ini sedang kami upayakan penambahan. Sekarang juga menunggu perolehan peralatan modem dari Kemendagri,’’ ujar Arif.

 ?? GALIH ADI/JAWA POS ?? DEKATI WARGA: Sukartini menerima e-KTP saat mencetak di Mobil KTP di Festival Pertura kemarin.
GALIH ADI/JAWA POS DEKATI WARGA: Sukartini menerima e-KTP saat mencetak di Mobil KTP di Festival Pertura kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia