Jawa Pos

Genangan Dadakan di Perempatan Kapasan

-

SURABAYA – Genangan mendadak muncul di perempatan Kapasan kemarin. Air terus-menerus keluar dari sebuah lubang yang cukup lebar di jalan beraspal. Pelintas di perempatan yang menghubung­kan Jalan Kembang Jepun, Pegirian, Bunguran, dan Kapasan itu pun kebingunga­n. Rupanya, setelah diselidiki, air berasal dari pipa PDAM di bawah tanah yang bocor.

Beberapa pelintas sempat mengerem mendadak karena tak sadar ada lubang sedalam sekitar 30 cm tersebut. Sebab, genangan air menutupiny­a. Peristiwa itu terjadi sejak Jumat sore (11/5) dan belum mendapatka­n penanganan hingga kemarin.

’’Karena lalu lintas yang cukup padat, tim kami baru bisa menambal malam ini (12/5),’’ jelas Direktur Utama PDAM Surya Sembada Mujiaman Sukirno saat dimintai konfirmasi kemarin.

Menurut dia, pembenahan pipa serta penambalan bisa dilakukan dalam waktu semalam saja. Dia juga menjamin bahwa kebocoran pipa sendiri tidak akan membuat pasokan air pelanggan PDAM berkurang. ’’Semua kebutuhan warga masih bisa ter-cover,’’ tegasnya.

Yang bisa menjadi masalah adalah lalu lintas. Pasalnya, lubang di perempatan tersebut cukup lebar. Hal itu bakal membuat arus kendaraan di setiap jalan melambat. Apalagi, hari ini (13/5) ada hajatan besar pemkot di Jalan Kembang Jepun. Yakni, Festival Rujak Uleg.

Kasatlanta­s Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Didik Sugiarto menyatakan, pihaknya tetap menjalanka­n rekayasa lalu lintas sesuai dengan rencana semula. Menurut dia, acara itu justru meringanka­n beban arus di perempatan Kapasan. Sebab, Jalan Kembang Jepun merupakan jalan satu arah menuju Jalan Kapasan. ’’Kalau akses kami tutup, berarti tidak ada kendaraan dari Kembang Jepun. Tinggal tiga ruas yang harus kami atur,’’ jelasnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BUKAN KARENA HUJAN: Jalan di perempatan Kapasan basah karena pipa PDAM bocor dan air mengalir melalui lubang.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS BUKAN KARENA HUJAN: Jalan di perempatan Kapasan basah karena pipa PDAM bocor dan air mengalir melalui lubang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia