Jawa Pos

Infused Water untuk Detoks

-

SURABAYA – Halaman Puskesmas Tambak Wedi diramaikan celoteh para ibu kemarin pagi (12/5). Mereka berebut menanyakan kegunaan aneka minuman yang tertata di meja. Minuman yang disajikan mahasiswa dan dosen Universita­s Muhammadiy­ah Surabaya (UMS) itu diklaim bisa digunakan untuk mengatasi kecanduan terhadap alkohol.

Nastiti Kartika Rini menjelaska­n, temulawak berfungsi sebagai antioksida­n yang menghilang­kan racun dan menurunkan kadar kolesterol darah. ’’Pokoknya, ibu-ibu harus belajar resepnya dan sering buatkan untuk suami,’’ tutur dosen analis kesehatan UMS tersebut.

Nastiti mengungkap­kan, dua jenis minuman yang dikenalkan memang punya peran masing-masing. Infused water merupakan cara yang baik untuk detoksifik­asi tubuh manusia. Efek kecanduan terhadap miras bisa berhenti secara perlahan. Minuman herbal dapat mengembali­kan fungsi tubuh bagi mereka yang sudah telanjur terdampak. Kerusakan hati sampai tingginya gula darah bisa diatasi dengan resep-resep minuman herbal. ’’Bukan jamu lho ya. Jamu itu sudah terproses dan bahkan bisa membebani liver (hati),’’ jelasnya.

 ?? MOCHAMAD SALSABYL/JAWA POS ?? LEBIH SEHAT: Warga diajak mencoba minuman herbal setelah senam pagi di Puskesmas Tambak Wedi kemarin.
MOCHAMAD SALSABYL/JAWA POS LEBIH SEHAT: Warga diajak mencoba minuman herbal setelah senam pagi di Puskesmas Tambak Wedi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia