Jawa Pos

Polisi Turun Tangan Bersihkan Masjid

-

SURABAYA – Puluhan anggota Polsek Bubutan mengerumun­i Masjid Baiturrohi­m di kawasan Stasiun Pasar Turi kemarin (12/5). Bersenjata kemoceng, sapu, dan kain pel, tim yang dipimpin Kapolsek Bubutan AKP Harianto Rantesalu langsung membersihk­an masjid. Pria berusia 32 tahun itu meminta anak buahnya menyebar ke berbagai sudut. Selama satu jam dia bersama 35 anggota Polsek Bubutan lainnya sibuk membersihk­an lantai, tembok, hingga beduk.

’’Untungnya, kami dapat bantuan 20 personel dari Polrestabe­s Surabaya. Juga, jajaran samping seperti kecamatan dan TNI sem- bilan orang. Jadi lebih cepat selesai,’’ katanya. Kegiatan itu merupakan tradisi dari pihak kepolisian di wilayah Bubutan. Menjelang bulan puasa, mereka biasanya mengerahka­n seluruh anggota untuk membantu membersihk­an masjid. Setiap tahun Masjid Baiturrohi­m yang berdiri di tanah PT KAI itu kerap dikunjungi warga.

’’Karena di antara tempat ibadah lain, masjid ini paling sering dikunjungi masyarakat. Banyak penumpang yang ikut menggunaka­n fasilitas ini,’’ ungkap pria kelahiran Makassar itu. Tugas polisi, lanjut dia, memang tidak hanya menangkap penjahat. Karena itu, dia tidak ragu mengerahka­n semua anggotanya. ’’Inijugasal­ahsatubent­ukpengabdi­an ke masyarakat. Jadi, tradisi seperti ini harus tetap dijaga,’’ jelasnya.

Sementara itu, Achmad Fatah Yasin, wakil takmir Masjid Baiturrohi­m, mengapresi­asi bantuan dari Harianto. Sebenarnya, pihak yayasan punya tenaga untuk membersihk­an masjid secara reguler. Namun, bantuan dari puluhan orang jelas membuat sudut-sudut ruangan lebih bersih. ’’Polisi memang sangat aktif membantu menjaga kebersihan masjid kami. Apalagi, banyak pemudik yang beribadah di sini. Jelas pintu kami terbuka setiap waktu,’’ ungkapnya.

 ?? MOCHAMAD SALSABYL/JAWA POS ?? AKSI SOSIAL: Personel Polsek Bubutan membersihk­an Masjid Baiturrohi­m di Stasiun Pasar Turi kemarin.
MOCHAMAD SALSABYL/JAWA POS AKSI SOSIAL: Personel Polsek Bubutan membersihk­an Masjid Baiturrohi­m di Stasiun Pasar Turi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia