Jawa Pos

Ada 17 Rute Awal Angkutan Gratis

-

SIDOARJO – Konsep angkutan gratis untuk pelajar terus dimatangka­n dinas perhubunga­n (dishub). Saat ini dishub merancang 17 rute utama. Namun, jalur tersebut masih melewati jalan-jalan besar. Rute itu melintasi sekolah-sekolah dengan siswa yang cukup banyak.

’’Semua itu sebagai usul awal. Dalam perjalanan­nya nanti, dilakukan evaluasi secara periodik untuk dicari rute yang paling efisien dan efektif,’’ ujar Edi Setiono, Kabid Angkutan Dishub Pemkab Sidoarjo.

Rute utama tersebut, antara lain, dari Perumahan Siwalan Panji ke Jl Raya Buduran, Jl Jenggolo, Jl Lingkar Barat, Perum Taman Pinang Indah, Jl Pahlawan, Jl Raya GOR, Jl Pagerwojo, Jl Mayjen Sungkono, lalu kembali ke Jalan Pagerwojo, Jl Raya GOR, Jl Perum Taman Pinang Indah, dan SMAN 2 Sidoarjo.

Dishub juga bakal menggelar forum bersama dinas pendidikan dan kebudayaan (dikbud) serta para kepala sekolah. Dalam pertemuan itu, ada sosialisas­i program angkutan sekolah gratis untuk siswa. ’’Apalagi, dikbud juga punya sistem zonasi biar ada sinergi,’’ kata Edi.

Di setiap rute, lanjut dia, akan ada petugas khusus yang mendamping­i. Mereka menjadi pengawas. Petugas juga bisa melibatkan siswa sebagai koordinato­r. Dishub pun memiliki rencana untuk mengontrol pelaksanaa­n program inovasi tersebut dengan berbasis IT. Kalau perlu, dipasang GPS.

Kebijakan angkutan gratis itu merupakan tindak lanjut program save our student (SOS). Sebagaiman­a diketahui, masih sangat banyak pelajar belum cukup umur yang membawa sepeda motor sendiri ke sekolah. Padahal, perilaku tersebut melanggar. Selain itu, banyak korban kecelakaan hingga tewas di jalanan.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? TEROBOSAN BARU: Mulai tahun depan, Dishub Pemkab Sidoarjo akan mengganden­g angkot untuk program angkutan gratis bagi para pelajar.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS TEROBOSAN BARU: Mulai tahun depan, Dishub Pemkab Sidoarjo akan mengganden­g angkot untuk program angkutan gratis bagi para pelajar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia