Jawa Pos

Kecamatan Waru Resmi Bergabung

Program Desa Melangkah 2018

-

SIDOARJO – Program Desa Melangkah 2018 belum resmi di-launching. Namun, desa-desa di Sidoarjo seolah sudah tidak sabar. Kemarin (12/5) 15 desa di Kecamatan Waru telah bergabung. Tahun ini ada tambahan dua desa peserta di wilayah Kecamatan Waru. Pada 2017 baru 13 desa.

Sebelum bergabung, mereka kembali mendapat penjelasan terkait program inovasi hasil kerja sama dengan Pemkab Sidoarjo tersebut secara detail. Termasuk sentuhan baru untuk pengembang­an dan pemberdaya­an desa. Para Kades juga mendapat kesempatan untuk bertanya. Termasuk harapan dan keinginan mereka mendatang.

Kades Berbek Zainal Abidin, skill sharing, knowledge

Camat Waru Fredik Suharto menyebut program Desa Melangkah terbukti telah mengedukas­i warga, Kades, maupun perangkat. ’’Menginspir­asi desa. Kita menjadi tertantang untuk terus melangkah. Bergerak untuk memajukan desa,’’ ungkapnya. lanjut dia, berhasil menularkan semangat inovasi. Baik di internal maupun eksternal desa. Antardesa seolah terus tertantang untuk tidak diam. Berlomba berkreasi dan berinovasi. Lalu, produk atau kreativita­s dan inovasi disampaika­n ke desa lain. Dengan demikian, desa lain menjadi ikut termotivas­i.

’’Mungkin nanti bisa cari inspirasi dari desa di luar Sidoarjo juga. Misalnya, dari Jawa Tengah, lalu diterapkan di sini,’’ tuturnya.

Selain itu, Fredik mengapresi­asi program Desa Melangkah mendatang agar lebih fokus. Di antaranya, pemberdaya­an perempuan dan pemuda serta UMKM dan badan usaha milik desa (BUMDes). ’’Sebelumnya, yang terkait pemuda atau karang taruna kan belum terlalu menjadi perhatian,’’ katanya. Ayo, terus melangkah!

 ?? FIRMA ZUHDI ALFAUZI/JAWA POS ?? UNTUK KEMAJUAN: Camat Fredik Suharto (tengah) bersama Kades dan perangkat di desa-desa Kecamatan Waru berfoto bersama setelah acara sosialisas­i RPJMDes kemarin. misalnya. Dia berharap pendamping­an ke desa lebih intens.
Forum diskusi, maupun pelatihan...
FIRMA ZUHDI ALFAUZI/JAWA POS UNTUK KEMAJUAN: Camat Fredik Suharto (tengah) bersama Kades dan perangkat di desa-desa Kecamatan Waru berfoto bersama setelah acara sosialisas­i RPJMDes kemarin. misalnya. Dia berharap pendamping­an ke desa lebih intens. Forum diskusi, maupun pelatihan...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia