Jawa Pos

Malam Hari Bom Menyalak di Sidoarjo, Satu Tewas

-

INSIDEN ledakan bom tidak hanya meneror Surabaya. Tadi malam, sekitar pukul 20.30, bom menyalak di Rusunawa Wonocolo, Taman, Sidoarjo, Jawa Timur. Ledakan itu mengakibat­kan seorang meninggal dunia.

Menurut warga, sumber suara ledakan tersebut berasal dari salah satu kamar di lantai 5 blok A. ”Di kamar itu ada satu keluarga,” ujar Kasmiadi, seorang saksi.

Kasmiadi juga penghuni rusunawa di lantai 5. Namun, dia tinggal di blok yang berbeda dengan asal ledakan. Mendengar ledakan itu, Kasmiadi spontan langsung berlari ke arah ledakan

Dia sempat melihat seorang pria terkapar di dekat pintu kamar yang menjadi asal ledakan. Lelaki yang bertelanja­ng dada tersebut berposisi tengkurap. Darah melumuri tubuhnya. ”Meninggal, sudah tidak bergerak,” terangnya.

Dari kamar itu, dia juga melihat seorang anak dibopong keluar. Bocah tersebut dibawa keluar oleh seorang pria. ”Enggak kelihatan anaknya laki atau perempuan,” ungkapnya.

Bocah tersebut, kata dia, dibawa ke rumah sakit karena tubuhnya berdarah. Informasin­ya, dia dievakuasi ke RS Siti Khodijah, Sepanjang, Surabaya.

Belakangan, diketahui bahwa ledakan itu berasal dari bom rakitan. Fakta tersebut terkuak saat polisi dari Polsek Taman mendatangi lokasi. ”Enggak langsung dievakuasi, panggil bantuan Gegana,” kata Kasmiadi.

Langkah antisipasi dilakukan setelah petugas mendapati tas mencurigak­an di sudut kamar. Diduga, tas juga berisi bom rakitan. Sebab, ada untaian kabel yang terlihat keluar.

Berdasar pantauan, tim jihandak tiba di lokasi pukul 22.30. Tidak lama berselang, ledakan susulan terjadi. Tercatat lima kali suara keras seperti bom terdengar dalam kurun waktu kurang dari sepuluh menit. ”Jangan mendekat, bahaya,” kata polisi menghalau awak media yang merangsek ke pembatas garis polisi.

Dari kamar korban, petugas mendapati kartu keluarga. Identitas kepala keluargany­a adalah Anton Ferdianton­o. Dia tercatat sebagai warga Manukan Kulon, Surabaya. Namun, belum bisa dipastikan apakah identitas itu sama dengan korban yang tewas.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? MELEDAK PUKUL 20.30: Anggota polisi dan TNI berjaga di Rusun Wonocolo, Sidoarjo, Jawa Timur, setelah ada ledakan bom tadi malam.
ANGGER BONDAN/JAWA POS MELEDAK PUKUL 20.30: Anggota polisi dan TNI berjaga di Rusun Wonocolo, Sidoarjo, Jawa Timur, setelah ada ledakan bom tadi malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia