Jawa Pos

REKOR DAN FAREWELL

-

MANCHESTER – Premier League musim ini berakhir tadi malam WIB (13/5). Sederet rekor berhasil ditorehkan sang juara, Manchester City. Poin tertinggi, kemenangan terbanyak, dan gol terbanyak. City juga menorehkan skor pertanding­an terbesar musim ini (7-2 atas Stoke City pada 14 Oktober 2017).

Gelar Premier League sekaligus menandai kesuksesan Pep Guardiola memenangi titel liga di Inggris setelah berhasil di La Liga bersama Barcelona dan di Bundesliga dengan Bayern Muenchen. Gap yang jauh dengan peringkat kedua Manchester United menegaskan dominasi The Citizens.

Bukan hanya City yang bergeliman­g rekor musim ini. Mohamed Salah langsung on fire dalam musim pertamanya bersama Liverpool. Salah memborong semua penghargaa­n individual. Mulai gelar pemain terbaik Premier League versi Asosiasi Pesepak Bola Premier League (PFA) dan Asosiasi Jurnalis Sepak Bola Inggris (FAW) hingga Premier League Golden Boot.

Premier League musim ini sekaligus layak disebut sebagai musim farewell. Michael Carrick pensiun untuk selanjutny­a menjadi asisten pelatih Manchester United. Per Mertesacke­r (Arsenal) dan Dean Whitehead (Stoke City) juga mengikuti jejak Carrick. Ada pula deretan pemain senior yang mengucapka­n selamat tinggal seperti Yaya Toure (Man City). Premier League juga kehilangan sosok penting, Arsene Wenger. Setelah 21 tahun, Le Professeur meninggalk­an The

Gunners. (ren/ c11/dns)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia