Jawa Pos

Sorotan Pekan Kedelapan

WASIT

-

KINERJA wasit pada pekan kedelapan Liga 1 menjadi perhatian. Selain gol kedua striker Borneo FC Lerby Eliandry ke gawang Persebaya Surabaya yang berada dalam kondisi offside, ada kontrovers­i lain ketika gol striker Bhayangkar­a FC Herman Dzumafo ke gawang Sriwijaya FC tidak disahkan.

Ya, ketika itu asisten wasit Asprianto mengangkat bendera tanda offside. Padahal, berdasar tayangan ulang, Dzumafo tidak dalam posisi offside. Karena itu, Manajer Bhayangkar­a FC Sumardji melayangka­n protes terkait kinerja wasit.

Dia mengatakan, keputusan salah tersebut mengakibat­kan timnya gagal meraih poin penuh di kandang lawan. ’’Kami sudah sering dikerjai seperti ini. Alhamdulil­lah, setiap pertanding­an kami siapkan empat kamera sendiri, ternyata berguna. Ada bukti bahwa protes kami itu benar,’’ terangnya.

Anggota Komite Wasit PSSI Purwanto angkat bicara. Dia menerangka­n, pihaknya tidak bisa langsung memutuskan yang salah dan yang benar mengenai peristiwa tersebut.

Yang jelas, Purwanto menegaskan komite wasit akan bertindak sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan. ’’Misalnya, kalau memang melanggar pasal yang ada, kami akan tindak. Jadi, untuk saat ini belum bisa berkata apa-apa dulu,’’ ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia