Jawa Pos

GP Ansor Terjunkan Seribu Personel

Amankan Gereja

-

Itu tindakan biadab dan tidak berperikem­anusiaan, anti-Pancasila, dan antiagama.”

Rektor Unair

PROF M. NASIH

Rektor ITS

SURABAYA  GERAKAN Pemuda (GP) Ansor Surabaya menyiapkan 1.000 personel untuk mengamanka­n tempat ibadah di Surabaya pascateror bom. Mereka bakal membantu TNI dan Polri untuk mengamanka­n kota dari teror susulan.

Seluruh pengurus GP Ansor Surabaya berkumpul di kantor PC NU Surabaya di Bubutan pada pukul 13.00 kemarin. Para pengurus di tiap kecamatan juga datang. Mereka diminta untuk berkoordin­asi dengan polsek setempat. ”Ada sekitar seribu anggota yang akan kami turunkan. Ini masalah bersama. Tidak ada perbedaan, Islam, Kristen, Hindu, Buddha, semua sama,” jelas Ketua GP Ansor Surabaya M. Farid Afif.

Sejumlah ormas juga turut hadir dalam pertemuan tersebut. Di antaranya, YIPC Jatim, Kedai Solidarita­s, GMKI, PMKRI, Front Nahdliyin untuk Kedaulatan Sumber Daya, Pemuda Katolik, IPNU, hingga Bonek.

Afif mengucapka­n duka yang mendalam untuk seluruh korban. Dia juga mengecam seluruh tindakan yang memecah belah kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dia meminta seluruh warga menahan diri, tetap tenang, dan tidak terprovoka­si aksi tersebut. Menurut dia, kejadian itu malah bisa merekatkan solidarita­s antarumat beragama.

Anggota GP Ansor sudah disebar di sejumlah gereja besar. Afif mengatakan, pengamanan tersebut bakal dilakukan selama 24 jam hingga aparat keamanan menetapkan status kondusif.

Aksi pengamanan gereja oleh GP Ansor bukan kali pertama ini dilakukan. Saat Natal dan tahun baru, GP Ansor biasanya juga berusaha membuat umat kristiani nyaman dalam beribadah. Namun, kejadian kemarin benar-benar tidak diduga semua pihak.

Di tempat yang sama, Koordinato­r Gusdurian Jawa Timur Yuska Harimurti menyerahka­n seluruh pengusutan kasus itu kepada pihak kepolisian. Namun, jika dibutuhkan, tenaga ormas bakal siap untuk membantu aparat penegak hukum. Sebagai bentuk solidarita­s, sejumlah ormas menggelar aksi damai di Tugu Pahlawan tadi malam. ”Kami gelar aksi peduli lilin kebersamaa­n Suroboyo Wani,” jelasnya.

Apa pun motifnya, kami mengutuk keras aksi teror tersebut.”

PROF JONI HERMANA

 ?? PCNU SURABAYA FOR JAWA POS ?? BERGANDENG­AN TANGAN: Para pemuda Ansor bersama sejumlah elemen lembaga menggalang solidarita­s di kantor PC NU.
PCNU SURABAYA FOR JAWA POS BERGANDENG­AN TANGAN: Para pemuda Ansor bersama sejumlah elemen lembaga menggalang solidarita­s di kantor PC NU.
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? BERSIH-BERSIH: Alat berat dikerahkan untuk mengangkut puing sepeda motor.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS BERSIH-BERSIH: Alat berat dikerahkan untuk mengangkut puing sepeda motor.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia