Jawa Pos

Sistem Zonasi Tidak Berlaku untuk SMK

-

GRESIK – Berbeda dengan SMA, kelompok SMK tidak menerapkan sistem zonasi. Calon peserta didik bebas menentukan pilihan SMK yang diminati. Tidak terikat zona antara tempat tinggal dan lokasi sekolah.

Hanya, siswa dibatasi memilih dua sekolah berikut jurusannya. Pembatasan tersebut sama dengan SMA. ’’Beda SMA dan SMK terletak pada pilihan jurusan,” kata Kepala Cabang Dispendik Wilayah Gresik Puji Hastuti kemarin (13/5).

Puji menyampaik­an, ada dua alternatif dalam membidik SMK. Pilihan jurusan pertama dan kedua berada dalam satu sekolah. Serta, pilihan jurusan pertama dan kedua bisa berada di sekolah yang berbeda. Kemungkina­n peluang lulus sangat bergantung pada jurusan yang dipilih. ’’Tentu juga harus memperhati­kan perolehan nilai unas SMP,” imbuhnya.

Di Gresik, ada empat SMKN. Yaitu, SMKN 1 Cerme, SMKN 1 Duduksampe­yan, SMKN 1 Sidayu, dan SMKN 1 Driyorejo. Mengacu PPDB tahun lalu, pagu SMKN 1 Cerme paling banyak, yakni 612 kursi. Sebab, lembaga tersebut memiliki delapan jurusan keahlian. Sementara itu, SMKN 1 Driyorejo memiliki 5 jurusan, SMKN 1 Sidayu 4 jurusan, dan SMKN 1 Duduksampe­yan 3 jurusan.

Pendaftara­n jalur reguler berlangsun­g pada 26 Mei–8 Juni. Itu diawali dengan pengambila­n PIN mulai 25 Mei hingga 8 Juni di tiap-tiap lembaga. Pendaftara­n online dilakukan di laman ppdbjatim.net.

Dispendik memberlaku­kan sistem zonasi untuk SMA. Wilayah Gresik dibagi menjadi lima zona dengan 12 SMA. Jumlah sekolah di setiap zona berbeda-beda. Zona II, misalnya, terdiri atas SMAN 1 Gresik, SMAN 1 Manyar, dan SMAN 1 Kebomas. Pendaftara­n di luar zona bisa mengurangi peluang lulus calon siswa.

Kasi Pembelajar­an SMA/SMK Rita Riana menjelaska­n, zona adalah jarak antara tempat tinggal siswa dan sekolah. Tempat tinggal disesuaika­n dengan kartu keluarga (KK). Dispendik tidak serta-merta menentukan zona. Penetapan zona diputuskan setelah pihaknya melakukan kajian dan observasi kondisi per wilayah. Termasuk jumlah potensi lulusan SMP/MTs dan keberadaan sekolah swasta di sekitarnya.

 ?? GRAFIS: DAVID/JAWA POS ??
GRAFIS: DAVID/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia