Jawa Pos

Jadi Akses Wisata, Jalan Tambak Wedi Lama Dilebarkan

-

SURABAYA – Seiring dengan pembanguna­n wahana

cable car di kawasan Jembatan Suramadu, Jalan Tambak Wedi Lama direnovasi. Saat ini lebar jalan di dekat pantai tersebut hanya sekitar 5,5 meter. Karena diprediksi tidak mampu menampung lonjakan pelintas saat beroperasi, jalan tersebut akan dilebarkan.

’’Waktu proyek memang belum tahu. Hanya, rencana pelebaran sudah pasti,’’ ungkap Lurah Tambak Wedi Dody Samsudin. Menurut dia, jalan bakal dilebarkan hingga 10 meter. Nanti Jalan Tambak Wedi Lama dilalui kendaraan berukuran besar. Bus-bus pengangkut wisata berlalu-lalang di akses tersebut.

’’Jadi, jalan harus kuat. Pokoknya akan dibangun ulang,’’ ungkap Dody. Dia tidak menampik bahwa sebagian jalan memang sudah rusak. Saat ini ada aspal yang mengelupas. Selama ini lalu lintas di Jalan Tambak Wedi Lama memang kurang lancar. Di pinggirnya terdapat pedagang yang berjualan ikan asap. Sebagian pembeli berhenti di jalan.

Sementara itu, tiang-tiang pancang untuk cable car sudah diletakkan di dekat pantai. Ada alat berat yang

stand by di lokasi. Pada tahap awal, dibangun lintasan

cable car sepanjang 725 meter. Kabarnya, angka itu diambil dari usia Kota Surabaya tahun ini. Pemkot bersama pengembang telah menandai titik-titik pembanguna­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia