Jawa Pos

Tingkat Kejernihan Air Langsung Minum Penuhi Standar

-

SURABAYA – Air PDAM yang dapat diminum langsung dari keran sudah mengalir kepada ratusan pelanggan di Ngagel Tirto. Namun, PDAM Surya Sembada belum menyaranka­n air tersebut untuk dikonsumsi tanpa dimasak.

”Kalau saya yang minum sendiri sudah,” jelas Marven Katamsi, koordinato­r proyek zona air minum prima (ZAPM) PDAM Surya Sembada, kemarin. Dia menerangka­n, sosialisas­i dilakukan sejak Selasa (8/5). Namun, belum seluruh warga Ngagel Tirto mendapat aliran itu.

PDAM terus memastikan air yang keluar dari keran tidak mengandung bakteri atau sedimen berbahaya lainnya. Sebab, air siap minum dari mesin penyaring bisa kembali terkontami­nasi karena sedimen yang mengendap di pipa selama ini.

Upaya untuk mengurangi sedimen di jaringan pipa sudah dilakukan berkali-kali. Caranya, PDAM melakukan flushing di pipa-pipa warga Ngagel Tirto. Pipa disemprot dengan air dan udara bertekanan tinggi. Proses pembersiha­n pipa itu sempat menjadi kendala. Seharusnya, aliran air minum tersebut mulai mengalir bulan lalu.

Instalasi ZAPM sempat terkendala Sabtu (12/5). Perbaikan berlangsun­g kemarin. Hari ini air tersebut dijadwalka­n kembali mengalir. Namun, selama sepekan belakangan evaluasi yang dilakukan dinilai memuaskan. Tingkat kejernihan air sudah memenuhi standar air minum.

 ?? SALMAN MUHIDDIN/JAWA POS ?? SEMPAT TAK MENGALIR: Presiden Direktur PT Deerfost Cho Deok Sang memantau mesin yang dipinjamka­n ke PDAM Surabaya.
SALMAN MUHIDDIN/JAWA POS SEMPAT TAK MENGALIR: Presiden Direktur PT Deerfost Cho Deok Sang memantau mesin yang dipinjamka­n ke PDAM Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia