Jawa Pos

Buat Jamu Sasar Kawula Muda

-

SURABAYA – Jamu kurang diminati kalangan anak muda. Di tangan Hana Meka Madinah, minuman tradisiona­l itu bisa menjadi favorit seluruh kalangan. Mahasiswa Prodi Manajemen Pemasaran Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universita­s Surabaya (Ubaya) itu menyajikan­nya dengan perpaduan buah-buahan segar.

Jamu itu dinamakan Jamu Hits. Bahan dasar minuman tersebut adalah sinom yang terbuat dari kunyit. Sinom dicampur jus buah asli. Ada tiga varian rasa yang digunakan, yakni mangga, jambu, dan leci. Setelah dicampur, varian tersebut kemudian diberi fermentasi air kelapa, air, serta gula. ’’Dikasih topping nata de coco

biar lebih segar,’’ katanya.

Hana mengatakan, ide tersebut muncul lebih dari setahun lalu. Awalnya, dia ingin membuat usaha yang bisa diterima masyarakat. Lalu, dia berpikir untuk membuat minuman jamu kemasan dengan packaging dan rasa yang berbeda. Sasarannya tentu anak muda zaman now.

’’Kebetulan di lingkungan rumah banyak sekali tumbuhan kunyit. Bahan baku sangat melimpah,’’ katanya.

Saat ini dia memilih menjual jamu dengan sistem purchase order (PO). Namun, dia ingin membuat kemasan baru isi 1 liter. Pemasarann­ya juga akan diperbesar. ’’Tujuan saya agar banyak anak muda yang gemar minum jamu,’’ ungkapnya.

 ?? SEPTINDA AYU PRAMITASAR­I/ JAWA POS ?? MINUMAN SEHAT: Hana Meka Madinah menunjukka­n minuman Jamu Hits di Universita­s Surabaya (Ubaya).
SEPTINDA AYU PRAMITASAR­I/ JAWA POS MINUMAN SEHAT: Hana Meka Madinah menunjukka­n minuman Jamu Hits di Universita­s Surabaya (Ubaya).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia