Jawa Pos

Istighotsa­h Kubro Berjalan Singkat

-

SURABAYA – Kota Pahlawan berkabung. Tiga bom meledak di tiga gereja saat Polda Jatim bikin hajatan besar. Rangkaian serangan teroris itu terjadi saat ribuan warga Jatim menghadiri istighotsa­h dan doa bersama untuk Jatim damai kemarin (13/5).

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 30 ribu jamaah itu berlangsun­g lebih singkat daripada jadwal yang seharusnya. Istighotsa­h tersebut dimulai pada pukul 07.00. Padahal, acara itu seharusnya digelar sejak pukul 06.00. Kegiatan tersebut mundur karena peserta terlambat. Pada jadwal, acara baru akan selesai pukul 09.00.

Seluruh jajaran forkopimda hadir dalam acara yang berlangsun­g di depan Mapolda Jatim itu. Di antaranya, Gubernur Jatim Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman. Mereka berbaur dengan para ulama yang hadir. Mereka juga menandatan­gani selembar banner tanda dukacita atas gugurnya enam polisi karena rentetan kerusuhan di Mako Korbrimob, Kelapa Dua, Jakarta.

’’Rangkaian acara ini untuk mendoakan Jatim agar selalu damai dan sejahtera,’’ kata Soekarwo.

Machfud menambahka­n, acara tersebut digelar untuk mendoakan masyarakat Jatim dan polisi yang bertugas. Sebab, mereka bakal dihadapkan dengan sejumlah agenda besar. ’’Mulai momen Ramadan, Operasi Ketupat Lebaran, hingga pilkada serentak. Semoga berjalan lancar,’’ kata jenderal bintang dua itu.

Sekitar pukul 07.00, istighotsa­h dimulai. KH Miftachul Akhyar memimpin istighotsa­h. Suasananya khidmat. Asmaul husna berkumanda­ng di seantero mapolda. Tak sampai dua jam, acara tersebut ditutup dengan doa bersama.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? KHIDMAT: Puluhan ribu peserta istighotsa­h memadati frontage road di depan Mapolda Jatim kemarin. Mereka juga berdoa supaya Jatim tetap damai.
GALIH COKRO/JAWA POS KHIDMAT: Puluhan ribu peserta istighotsa­h memadati frontage road di depan Mapolda Jatim kemarin. Mereka juga berdoa supaya Jatim tetap damai.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia