Jawa Pos

Adu Pintar Wawasan Perpajakan

-

SURABAYA – Sepuluh tim beradu kemampuan dalam babak semifinal Petra Tax Competitio­n bertajuk The Real Tax Agents Sabtu (12/5). Mereka merupakan tim terbaik dari 34 grup yang mengikuti kompetisi yang diselengga­rakan Himpunan Mahasiswa Akuntansi Pajak, Universita­s Kristen Petra (UKP). Poin tertinggi diperebutk­an untuk maju ke babak final dan meraih hadiah.

Ketegangan begitu terasa saat sesi cerdas cermat. Nilai satu tim dengan tim lainnya saling berkejaran. Saat menjawab soal dengan benar, tim mendapatka­n tambahan nilai. Ketika salah, poin langsung dikurangi. Ketepatan dan ketelitian sangat dibutuhkan dalam menjawab soal-soal yang berhubunga­n dengan pajak.

’’Materi-materi seputar perpajakan. Misalnya, pajak penghasila­n, pengetahua­n umum pajak, dan lainnya,’’ ujar Ketua Panitia Graciella Tanaya. Tidak sekadar menjawab soal terkait wawasan, tetapi para peserta juga dituntut teliti dalam menghitung. ’’Ada soal menghitung perpajakan,’’ tutur Graciella.

Sebelum sampai ke babak semifinal, para peserta yang merupakan mahasiswa asal berbagai daerah itu melalui beberapa tahap. Dalam babak penyisihan, peserta dituntut menyelesai­kan soal-soal pilihan ganda dan esai selama 90 menit. ’’Pengerjaan individu, tetapi nanti nilainya diakumulas­i setiap kelompok,’’ kata mahasiswa semester 4 tersebut.

Kompetisi selanjutny­a didesain fun dengan rally games. Peserta menjawab soal dengan mendatangi setiap pos. Tiga di antaranya battleship, guess the price, dan fill the blank.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? EVENT TAHUNAN: Salah satu kelompok peserta menjawab pertanyaan dalam Petra Tax Competitio­n Sabtu (12/5).
GHOFUUR EKA/JAWA POS EVENT TAHUNAN: Salah satu kelompok peserta menjawab pertanyaan dalam Petra Tax Competitio­n Sabtu (12/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia