Jawa Pos

Tentara dan Polisi Patroli Bersama

-

SIDOARJO – Pasca ledakan bom di tiga gereja di Surabaya, kemarin (13/5) Dandim 0826 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono dan Wakapolres­ta AKBP Pasma Royce beserta jajarannya berpatroli. Mereka menyambang­i sejumlah gereja. Kepada para pengurus gereja, mereka menegaskan agar tetap menjalanka­n ibadah seperti biasa.

’’Sampaikan kepada semua jemaat untuk tetap tenang dan datang berdoa ke gereja,’’ kata Pasma saat berbincang dengan pengurus Gereja Mawar Sharon.

Pernyataan senada disampaika­n Fadli. ’’Kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Kami juga meminta peran aktif masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan­nya,’’ tuturnya.

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Sidoarjo Achmad Amir Aslichin menyatakan, semua komponen di Kota Delta diharapkan tetap tenang dan turut menjaga kondusivit­as. ’’Kita semua harus mampu menghindar­i segala hal yang bisa berdampak buruk pada kerukunan umat beragama,’’ kata I’in, panggilan akrabnya. Ajakan serupa disampaika­n M. Idham Kholiq, sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sidoarjo.

Sementara itu, kemarin umat Nasrani di Sidoarjo tidak terpengaru­h. Mereka tetap menjalanka­n ibadah dengan khidmat. ’’Pendeta sudah berpesan untuk tetap berdoa dengan tenang. Kami pun percaya Sidoarjo kondusif. Sebab, masyarakat Sidoarjo itu guyub. Aparat keamanan juga pasti melakukan tugasnya dengan baik,’’ kata Henry W.D., anggota Gereja Kristen Indonesia (GKI) di Jalan Trunojoyo, Sidoarjo. Sejumlah petugas gabungan memang selama ini telah menjaga gereja.

 ?? MIFTAKHUL F.S/JAWA POS ?? JAGA KAMTIBMAS: Letkol Inf Fadli Mulyono (kiri) dan Wakapolres­ta AKBP Pasma Royce bersama jajaran berpatroli ke sejumlah gereja.
MIFTAKHUL F.S/JAWA POS JAGA KAMTIBMAS: Letkol Inf Fadli Mulyono (kiri) dan Wakapolres­ta AKBP Pasma Royce bersama jajaran berpatroli ke sejumlah gereja.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia