Jawa Pos

Teror Bom Tak Terkait Pilgub

Tahapan Pilkada Jalan Terus

-

SURABAYA – Serentetan teror bom di Surabaya dan Sidoarjo terjadi di tengah tahapan pilgub dan pilkada serentak bergulir. Namun, insiden tersebut tidak berimbas pada kelanjutan semua tahapan pilgub/pilkada. Meski demikian, peristiwa itu tetap menjadi atensi seluruh pihak yang terlibat dalam pilkada.

Pimpinan PW NU Jatim menegaskan, aksi teror tidak terkait dengan kontestasi politik yang tengah berlangsun­g. ”Ini murni gerakan teror untuk memecah belah,” kata Ketua PW NU KH Hasan Mutawakkil Alallah kemarin (14/5). Dia tidak menampik bahwa aksi teror biasanya muncul untuk membuat gaduh dalam tiap tahapan kontestasi politik. Namun, aksi kali ini berbeda.

”Berdasar informasi yang kami terima, insiden di Mako Brimob beberapa waktu lalu menjadi percepatan aksi mereka (teroris, Red). Makanya, kami yakin tak ada kaitannya,” tegasnya.

Karena itu, PW NU Jatim meminta masyarakat tetap tenang. Apalagi, langkah yang dilakukan aparat keamanan sudah maksimal. ”Kami meminta masyarakat tidak mudah percaya setiap informasi, terutama di media sosial. Jika bingung, monggo tabayun (klarifikas­i),” katanya. Kemarin pimpinan PW NU Jatim mendamping­i Sekjen PB NU Helmy Faisal Zaini mengunjung­i salah satu gereja yang menjadi sasaran teroris, Gereja Santa Maria Tak Bercela di kawasan Ngagel.

KPU Jatim juga memastikan bahwa seluruh tahapan pilgub maupun pilkada serentak di 18 kabupaten/kota masih berlangsun­g normal. Sebab, pengamanan di semua tahapan sangat maksimal. ”Sejauh ini, situasinya masih sangat kondusif,” ujar Ketua KPU Jatim Eko Sasmito.

Meski demikian, lanjut Eko, pihaknya terus memantau situasi selama dua hari terakhir. KPU memastikan segera berkoordin­asi dengan Polda Jatim terkait langkah antisipasi ke depan. ”Terutama terkait teknis pengamanan hingga sisa tahapan ini. Yang jelas, prinsipnya kami yakin bahwa yang lebih paham terkait hal ini (keamanan) adalah aparat keamanan,” tegasnya.

Sementara itu, Bawaslu Jatim juga optimistis yang terjadi saat ini tak akan berpengaru­h terhadap jalannya kontestasi pilkada. Namun, langkah antisipasi tetap harus diambil. ”Jangan sampai situasi yang terjadi saat ini menimbulka­n efek negatif atas jalannya pilkada,” kata komisioner Bawaslu Aang Kunaifi.

 ?? TIM PEMENANGAN KHOFIFAH-EMIL ?? ROAD SHOW LAGI: Saifullah Yusuf mengikuti istighotsa­h kubro di Pesantren Al Yasini, Pasuruan. Foto kanan, Emil Elestianto bertemu dengan buruh migran di Victoria Park, Hongkong.
TIM PEMENANGAN KHOFIFAH-EMIL ROAD SHOW LAGI: Saifullah Yusuf mengikuti istighotsa­h kubro di Pesantren Al Yasini, Pasuruan. Foto kanan, Emil Elestianto bertemu dengan buruh migran di Victoria Park, Hongkong.
 ?? TIM PEMENANGAN GUS IPUL-PUTI ??
TIM PEMENANGAN GUS IPUL-PUTI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia