Jawa Pos

Banjir Rob Landa Pesisir Pantai

-

WARGA yang tinggal di sepanjang pesisir pantai Banyuwangi harus lebih hati-hati. Siklus tahunan banjir rob, tampaknya, sedang melanda perairan Selat Bali.

Misalnya, yang tampak di Pantai Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, kemarin (14/5). Air laut terlihat memenuhi sekitar warung-warung di salah satu tempat wisata pantai di Desa Bangsring. Bahkan, naiknya air laut itu disertai sampah-sampah alam seperti ranting pohon yang memenuhi pinggiran pantai.

Salah seorang pengelola wisata di Pantai Bangsring Mastaliant­o menyatakan, air laut mulai naik sekitar pukul 06.00 dan semakin tinggi sampai pukul 07.00. Air baru menyusut sekitar pukul 10.00 hingga berangsur normal.

’’Tadi sempat naik memang, sampai di warung utara yang pagarnya baru dibuat. Tapi, jam 10 sudah normal lagi, pengunjung bisa mulai snorkeling lagi,’’ kata pria yang akrab disapa Lili itu.

Dia menambahka­n, selain membuat aktivitas wisata, terutama snorkeling, sedikit terganggu, naiknya air rob berdampak pada material lumpur dan sampah yang ikut terbawa air. ’’Ranting-ranting pohon yang paling banyak, ya langsung kami bersihkan supaya tidak mengganggu wisatawan,’’ kata Lili.

Dia juga mengatakan, siklus air rob itu merupakan kejadian tahunan. Biasanya, pola air laut naik selalu terjadi dan bisa semakin parah ketika mendekati puncak pertengaha­n tahun.

 ?? SHULHAN HADI/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? MENGGENANG: Air laut naik hingga ke tempat daratan Bangsring Underwater, Kecamatan Wongsorejo, kemarin.
SHULHAN HADI/JAWA POS RADAR BANYUWANGI MENGGENANG: Air laut naik hingga ke tempat daratan Bangsring Underwater, Kecamatan Wongsorejo, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia