Jawa Pos

Mantan Kepala Dinas Dituntut 1 Tahun 5 Bulan

-

ACHMAD Rifa’i sudah mengembali­kan kerugian negara Rp 641 juta. Namun, itu tak membuat mantan kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perhubunga­n (DPRKPP) Kabupaten Mojokerto tersebut mendapat tuntutan ringan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Surabaya di Sidoarjo kemarin.

Oleh jaksa penuntut umum Erfandi Kurnianto, Rifa’i dituntut hukuman penjara 1 tahun 5 bulan. Dia merujuk pasal 3 Undang-Undang Tipikor.

Menurut Erfandi, terdakwa dituntut hukuman penjara 1 tahun 5 bulan dan denda Rp 50 juta. ’’Jika tidak, terdakwa harus menggantin­ya dengan kurungan 3 bulan penjara,’’ ujarnya.

Rifa’i terlibat kasus lahan Terminal Pohjejer. Terdakwa dengan sengaja menyepakat­i perobohan bangunan itu. Terminal tersebut akan dijadikan lahan pertokoan.

Sementara itu, Achmad Hayiyi, kuasa hukum terdakwa, menjelaska­n, tuntutan tersebut terlalu berat. Dia berharap pada sidang berikutnya dalam pembacaan pleidoi, hukuman kliennya bisa diringanka­n.

’’Semoga saja hakim mempertimb­angkannya nanti. Karena Rifa’i juga sudah mengembali­kan uang untuk kerugian negara,’’ ujarnya.

Menurut dia, kliennya dibantu keluarga besarnya dengan cara iuran untuk membayarka­n kerugian negara yang dituduhkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia