Jawa Pos

Terhenti tanpa Messi

-

VALENCIA – Levante memiliki julukan Granotas atau Si Katak. Julukan yang jauh dari gambaran menakutkan dari klub asal Valencia tersebut. Namun, Si Katak tak lantas tidak bisa menghancur­kan lawannya.

Juara La Liga 2017–2018 Barcelona kena apes di tangan Levante pada jornada ke-37 kemarin (14/5). Barca menyerah 4-5 di Stadion Ciutat de Valencia. Kekalahan itu membuat rekor tidak pernah kalah Barca di La Liga harus terhenti di laga ke-43.

Di sisi lain, kekalahan tersebut menunjukka­n bahwa Barca masih sangat bergantung kepada Lionel Messi. Dengan alasan rotasi, entrenador Barca Ernesto Valverde sengaja tidak memasukkan megabintan­g asal Argentina tersebut.

’’Kami sama sekali tidak tampil solid. Setiap menyerang, mereka (Levante, Red) akan mencetak gol. Kebobolan lima gol dalam satu pertanding­an bukan sesuatu yang normal buat kami,’’ kata Valverde sebagaiman­a dikutip Marca.

Valverde membantah ketidakhad­iran Messi menjadi penyebab kekalahan perdana timnya di La Liga. Sebab, dari lima laga tanpa Messi musim ini di semua ajang, baru sekali Barca kalah. Tepatnya saat melawan Levante kemarin.

Namun, fakta di lapangan tidak bisa dimungkiri. Misalnya, ketika melawan Espanyol (4/2) dan Sevilla (31/3) di La Liga musim ini. Dalam Derbi Barceloni lawan Espanyol, Barca sempat tertinggal 0-1. Namun, setelah masuk untuk menggantik­an Paco Alcacer pada menit ke-59, Messi berkontrib­usi assist buat gol Gerard Pique (82’).

Kemudian, saat menghadapi Sevilla, Messi masuk pada menit ke-58 untuk menggantik­an Ousmane Dembele. Satu menit menjelang laga usai, Messi mencetak gol sehingga Barca bermain imbang 2-2 di kandang Sevilla tersebut.

ESPN juga memberikan nilai tiga kepada Valverde untuk opsi rotasi Messi. ’’Mengakhiri musim tanpa kekalahan adalah mahkota Barca. Apalagi, rival terbesar mereka, Real Madrid, masuk final Liga Champions tahun ini dan berpeluang meraih hat-trick juara,’’ tulis ESPN.

Sebaliknya, gelandang Barca Sergio Busquets kepada beIN Sports mengakui bahwa Levante bermain lebih agresif. ’’Sebuah tim akan sangat sulit come back setelah kebobolan lima gol dalam sebuah pertanding­an. Kami sudah melakukan hal terbaik yang bisa dilakukan,’’ ucap Busquets.

Ada rumor kalau Messi sengaja ’’disimpan’’ untuk persiapan laga persahabat­an tengah pekan ini atau Kamis mendatang (17/5). Tetapi, jika rumor itu benar, keputusan tersebut dinilai konyol.

Sebab, lawan yang dihadapi hanya klub lokal Afrika Selatan Mamelodi Sundowns. Pertanding­an dalam rangka peringatan ulang tahun ke-100 Nelson Mandela itu berlangsun­g di Stadion FNB, Johannesbu­rg.

 ?? ALBERTO SAIZ/AP PHOTO ?? SIKLUS TERPUTUS: Dari kiri, Jordi Alba, Philippe Coutinho, dan Andres Iniesta meratapi kekalahan perdana Barcelona di La Liga musim ini.
ALBERTO SAIZ/AP PHOTO SIKLUS TERPUTUS: Dari kiri, Jordi Alba, Philippe Coutinho, dan Andres Iniesta meratapi kekalahan perdana Barcelona di La Liga musim ini.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia