Jawa Pos

Noda Calon Kiper Utama

-

MANUEL Neuer dikabarkan sudah pulih dan berlatih bersama Bayern Muenchen. Namun, sangat riskan bagi timnas Jerman untuk menunjuk Neuer sebagai kiper utama di Piala Dunia 2018. Sebab, Neuer hanya empat kali tampil bersama Bayern musim ini. Itu pun, laga terakhir dilakoniny­a pada 16 September 2017 ketika Bayern menghadapi Mainz 05.

’’Ketika Neuer sama sekali tak bermain hingga akhir musim, itu adalah pertanda bahwa Neuer tidak 100 persen fit. Kalau Neuer siap, tentu Jupp Heynckes (pela- tih Bayern, Red) akan memberinya kesempatan,” tutur Oliver Kahn, mantan kiper timnas Jerman, kepada Bild.

Nah, jika Neuer belum siap, Marc-Andre ter Stegen bakal dipersiapk­an sebagai kiper utama. Ter Stegen sudah merasakan peran tersebut di Piala Konfederas­i 2017. Kiper Barcelona itu mampu membawa Die Mannschaft menjadi kampiun di ajang tersebut.

Kahn pun mendukung Ter Stegen sebagai kiper utama di Piala Dunia 2018. ’’Ter Stegen adalah kiper yang cekatan dan bisa diandalkan. Kita tak perlu risau dengan adanya dia di bawah mistar,” tutur Kahn.

Sayang, lima gol yang bersarang di gawang Barca kemarin membuat publik Jerman sedikit meragukan kemampuan Ter Stegen. Apalagi, ketika masih membela Borussia Moenchengl­adbach enam tahun lalu, Ter Stegen juga kebobolan lima gol. Yakni, saat Moenchengl­adbach kalah 0-5 oleh Borussia Dortmund pada 29 September 2012.

 ?? ALBERTO SAIZ/AP PHOTO ?? HUJAN GOL: Marc-Andre Ter Stegen (dua dari kiri) saat gawangnya kebobolan oleh gol keempat Levante.
ALBERTO SAIZ/AP PHOTO HUJAN GOL: Marc-Andre Ter Stegen (dua dari kiri) saat gawangnya kebobolan oleh gol keempat Levante.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia