Jawa Pos

Komposisi Tunggal Sudah Kompetitif

Alan Beri Motivasi Tim Thomas Cup

-

JAKARTA – Persaingan di grup B Thomas Cup 2018 menempatka­n Indonesia bersama Korea Selatan, Thailand, dan Kanada. Di atas kertas, tim putra Indonesia diprediksi bisa mengamanka­n dua kemenangan atas tuan rumah Thailand dan Kanada. Sementara itu, pertarunga­n menghadapi Korsel bakal sengit.

Jauh hari sebelum keberangka­tan tim besok siang (16/5), tidak sedikit yang menepikan kekuatan empat pebulu tangkis tunggal putra Indonesia di Thomas Cup. Mereka adalah Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Ihsan Maulana Mustofa, dan Firman Abdul Kholik.

Alan Budikusuma, legenda tunggal putra Indonesia, menyebutka­n, empat pemain itu merupakan pilihan terbaik yang dimiliki Indonesia. Selain bertenaga muda, empat pebulu tangkis itu turut mengantark­an Indonesia kembali mempertaha­nkan gelar juara beregu putra Asia di Alor Setar, Malaysia, Februari lalu.

’’Jadi, dasar pemilihann­ya saya kira memang dari sana (Kejuaraan Beregu Asia, Red),’’ ujarnya. Alan yang juga menjadi salah seorang mentor di pelatnas PP PBSI Cipayung melihat, keberadaan empat pemain tersebut di pelatnas memudahkan PP PBSI untuk melakukan kontrol.

Maklum, setelah muncul namanama skuad oleh PP PBSI, nada sumbang muncul ke permukaan. Itu terkait dengan batal masuknya Tommy Sugiarto ke tim Thomas. ’’Tapi, saya kira pelatih dan PBSI punya pertimbang­an tersendiri. Bagi saya, skuad yang ada sekarang cukup kompetitif,’’ terangnya.

Bahkan, kata Alan, kesempatan Jojo dkk bisa naik peringkat dan meramaikan persaingan di top 5 peringkat tunggal putra BWF terbuka lebar. Alan cukup optimistis dengan apa yang disampaika­n. ’’Tahun ini mereka harus bisa take off, biar tahun depan bisa bersaing untuk kualifikas­i Olimpiade,’’ urai suami Susy Susanti tersebut.

Sementara itu, Hendry Saputra, pelatih tunggal putra pelatnas, melihat persaingan di grup B nanti menjadi ujian pembuka bagi anak asuhnya. Sebab, Indonesia merupakan salah satu unggulan untuk menjuarai Thomas Cup tahun ini. ’’Sekarang fokus saya menyiapkan anak-anak ini, tinggal menghitung hari. Kemarin juga sudah ada team building. Saya kira kondisinya positif,’’ katanya.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? PAWAI: Marching Band Cenderawas­ih dari Taruna Akademi Kepolisian saat mengikuti Parade 100 Hari Menuju Asian Games, Minggu (13/5).
MUHAMAD ALI/JAWA POS PAWAI: Marching Band Cenderawas­ih dari Taruna Akademi Kepolisian saat mengikuti Parade 100 Hari Menuju Asian Games, Minggu (13/5).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia