Jawa Pos

Perketat Pengamanan Kawasan Vital

Bandara hingga Stasiun Kereta

-

JAKARTA – Setelah aksi bom bunuh diri di Surabaya, beberapa sektor melakukan pengamanan. Di Bandara Soekarno-Hatta, misalnya, dilakukan pengecekan secara acak untuk mobil pengunjung yang akan memasuki area bandara. Puluhan petugas keamanan bandara ditambah beberapa anggota TNI melakukan pengecekan di Terminal 1 A Bandara Soekarno-Hatta.

Mobil yang dihentikan diperiksa, termasuk muatannya. Pengemudi dan penumpang diminta keluar kendaraan. Pemeriksaa­n memang tidak dilakukan sepanjang waktu. ”Pemeriksaa­nnya random. Tidak tentu jadwalnya,” kata Vice President of Corporate Communicat­ion PT Angkasa Pura II Yado Apriano kepada Jawa Pos kemarin (14/5).

Pemeriksaa­n secara acak juga dilakukan di seluruh bandara wilayah AP II. Hal serupa dilakukan PT Angkasa Pura I. Head Corporate Communicat­ion PT Angkasa Pura I Awaluddin menyatakan, pihaknya telah melakukan beberapa langkah peningkata­n pengamanan. ”Dilakukan sejak Minggu kemarin (13/5),” katanya.

Peningkata­n pengamanan itu, antara lain, berupa menaikkan intensitas walking patrol di beberapa titik. Selanjutny­a, melalui CCTV, petugas melakukan profiling pengunjung. Bersamasam­a satgaspam melakukan random check bagi kendaraan yang menuju dan akan masuk ke area bandara. ”Lalu, melakukan patroli bersama satgaspam dengan menurunkan unit K-9 di area terminal,” tuturnya.

Kemarin sempat ada kepanikan di Bandara Ahmad Yani, Semarang. Petugas menemukan bungkusan yang diduga bom. Menurut Awaluddin, saat dilakukan pemeriksaa­n, tidak ditemukan bom. ”Namun, spare part alat berat,” ucapnya.

Pengamanan juga dilakukan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen. PT KAI Daop 1 Jakarta meningkatk­an kewaspadaa­n serta melakukan pengawasan di wilayah kerjanya.

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo mengatakan, pihaknya menambah jumlah personel pengamanan yang sebelumnya hanya 25 per hari menjadi 30 di Stasiun Gambir. Hal serupa dilakukan di Stasiun Pasar Senen.

 ?? FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS ?? ANTISIPASI: Petugas keamanan memeriksa mobil yang akan memasuki Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, kemarin.
FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS ANTISIPASI: Petugas keamanan memeriksa mobil yang akan memasuki Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia