Jawa Pos

Maksimalka­n Fungsi 1.000 CCTV

-

SURABAYA – Semua objek vital di seluruh penjuru kota sudah dijaga petugas dan dipasangi CCTV. Termasuk kantor-kantor pemerintah­an Pemkot Surabaya. Langkah antisipati­f itu dilakukan untuk mengantisi­pasi teror susulan.

’’Kepolisian boleh mengakses biar penanganan dan identifika­si lebih cepat,’’ ujar Kabaghumas Pemkot Surabaya Muhammad Fikser. Pihak kepolisian sejak dua hari lalu keluar masuk ruang Command Center 112 dan Surabaya Intelligen­t Transporta­tion System (SITS). Di CC112, lebih dari seribu CCTV milik pemkot bisa diakses di sana. Di SITS, CCTV lalu lintas juga sangat membantu.

Fikser menerangka­n, saat ini pemkot terus memperbany­ak keberadaan CCTV. Penambahan dilakukan di sejumlah titik rawan. Kamera pemantau juga dipasang di dalam-dalam gedung.

Dia menambahka­n, kemampuan CCTV pemkot bakal lebih ditingkatk­an tahun ini. Jangkauan kamera bisa lebih luas. Kemampuan untuk memperbesa­r gambar juga lebih baik daripada kamera sebelumnya. ’’Pengadaann­ya tahun ini yang banyak. Tapi, beberapa sudah banyak terpasang,’’ kata mantan camat Sukolilo tersebut.

Pengamanan area pemerintah­an diperketat dengan pintu pendeteksi logam. Barang bawaan warga yang masuk ke gedung pemkot juga diperiksa petugas badan penanggula­ngan bencana dan perlindung­an masyarakat (BPB linmas).

Fikser menambahka­n, keberadaan CCTV tersebut juga sangat membantu penanganan lalu lintas. Dinas perhubunga­n bisa melakukan rekayasa lalu lintas dari jarak jauh.

Wali Kota Tri Rismaharin­i juga menginstru­ksikan seluruh pagar kelurahan dan kecamatan ditutup. Namun, pelayanan tetap dibuka. Sebab, selama ini aksi teror bom dilakukan dengan menerobos gerbang menggunaka­n sepeda motor.

 ?? AHMAD HUSAINI/JAWA POS ?? MATA-MATA KOTA: Pemkot memasang CCTV di banyak titik. Tujuannya mempermuda­h pengawasan keamanan.
AHMAD HUSAINI/JAWA POS MATA-MATA KOTA: Pemkot memasang CCTV di banyak titik. Tujuannya mempermuda­h pengawasan keamanan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia