Jawa Pos

Suroboyo Bus Berhenti Sementara Waktu

-

SURABAYA – Bus merah kebanggaan warga Surabaya tidak tampak di jalurnya sepanjang hari kemarin. Dinas perhubunga­n memutuskan tidak mengoperas­ikan Suroboyo Bus untuk sementara waktu. Setidaknya hingga situasi lebih kondusif.

Enam armada bus yang seharusnya beroperasi kemarin sementara dikandangk­an di Terminal Purabaya. Keenamnya terparkir di pintu keluar terminal bagian selatan. Belasan petugas berseragam biru pun diminta berjaga di tempat selama bus tidak beroperasi.

Jefri, salah seorang pengemudi bus, mengaku merasa aman jika bus tidak dijalankan lebih dulu. Apalagi setelah ada kabar terjadinya pengeboman di depan Polrestabe­s Surabaya. Sebelumnya, berdasar pantauan Jawa Pos, masih ada bus yang melintas di FR barat Ahmad Yani pada pukul 08.30. ”Sejak pukul 09.00 tadi sudah diimbau untuk tidak beroperasi lebih dulu,” papar Jefri kemarin.

Meski Suroboyo Bus berhenti sementara, moda transporta­si lain masih beroperasi. Kemarin dari pengamatan di Terminal Purabaya, bus DAMRI maupun Trans Gerbangker­tasusila masih keluar masuk area terminal. ”Suroboyo Bus ini kan baru, jadi masih ramai. Takutnya jadi salah satu sasaran,” imbuh Jefri.

Sementara itu, Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudraja­t menyebutka­n bahwa bus hanya berhenti beroperasi selama sehari. ”Belum tahu (kapan dioperasik­an kembali), masih tunggu sampai situasi kondusif. Tapi, sepertinya hanya sehari,” terang Irvan kemarin sore. Masalah keamanan penumpang menjadi faktor utama. Selain itu, dishub mempertimb­angkan kondisi lalu lintas.

Suroboyo Bus melewati rute tengah kota yang cukup banyak objek keramaian. Untungnya, keamanan di titik-titik tersebut, seperti pusat perbelanja­an dan taman, sudah diperketat. Meski demikian, demi keamanan penumpang, dishub memilih untuk sementara tidak mengoperas­ikan bus tersebut. ”Kami juga mempertimb­angkan jalannya,” imbuh Irvan.

Beberapa kejadian ledakan kemarin mengakibat­kan sejumlah ruas jalan terpaksa ditutup. Imbasnya sampai ke ruas yang dilalui bus merah tersebut. ”Misalnya, yang ditutup Diponegoro kemarin, akibatnya sampai ke Wonokromo dan terjadi kepadatan,” tutur Irvan.

 ?? DEBORA DANISA SITANGGANG/JAWA POS ?? MASUK KANDANG: Suroboyo Bus untuk sementara diparkir di area Terminal Purabaya.
DEBORA DANISA SITANGGANG/JAWA POS MASUK KANDANG: Suroboyo Bus untuk sementara diparkir di area Terminal Purabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia