Jawa Pos

Berikan Informasi Pengobatan Kanker

-

SURABAYA – Panggilan jiwa membuat Elisabeth Meliana mendirikan tempat menumpahka­n keluh kesah, unek-unek, dan pusat informasi kesehatan Healthy Informatio­n Center (HIC). Tempat itu didirikan untuk menjadi kepanjanga­n tangan pasien dan pengobatan berbagai penyakit. Pusat layanan tersebut merupakan bagian dari Cancer Awareness Community Foundation.

Melia merupakan survivor kanker lidah yang hampir merenggut nyawanya pada Mei 2014. Dia divonis mengidap kanker lidah stadium IV-A dan harus menjalani operasi pemotongan lidah. Beruntung, perempuan kelahiran 14 Desember 1981 itu bisa sembuh dan menjalani kehidupan seperti sedia kala. ”Perjuangan saya tidak boleh berakhir. Saya juga harus berjuang untuk orang-orang yang mengalami hal yang pernah saya rasakan,” katanya saat ditemui di Apartemen 9Blv lantai 8 kemarin (14/5).

Mendirikan HIC merupakan salah satu bentuk rasa syukurnya. HIC melayani konsultasi dan pendamping­an pasien, terutama kanker, selama menjalani proses pengobatan hingga pemulihan. ”Konsultasi gratis. Boleh datang sesering mungkin,” ujarnya.

Dari konsultasi, pasien bisa diarahkan untuk menjalani pengobatan. HIC telah bekerja sama dengan beberapa rumah sakit, baik dalam maupun luar negeri. Informasi yang diberikan meliputi pengobatan nonmedis seperti herbal dan hipnoterap­i. ”Biasanya, pasien yang ke sini sudah ke dokter dulu. Dari sana kalau sudah divonis, kebanyakan bingung mau ke mana,” lanjutnya. Menurut dia, setiap pasien bisa memilih tipe pengobatan yang hendak dijalani.

Dia dan timnya menyediaka­n informasi untuk pengobatan minim biaya. Misalnya, mengarahka­n untuk menggunaka­n BPJS. ”Kami akan tanya, mau ke luar negeri atau dalam negeri? Operasi atau tidak? Kalau pengin pengobatan di luar negeri, cara ke sananya gimana? Nemuin dokter siapa?” paparnya.

Sebagai survivor kanker, Melia ingin membuat pasien yang datang merasa aman dan nyaman. ”Jangan sampai para penderita kanker ini takut dibohongi. Orang-orang ini sangat memerlukan pendamping­an. Karena stres juga bisa menurunkan antibodi lho,” tuturnya. Melia juga mengganden­g beberapa dokter dan para ahli di bidangnya untuk memfasilit­asi pasien yang datang.

 ??  ?? DAMPINGI PASIEN: Elisabeth Meliana (kanan) dan dr Edrick Purnomo Putra CSN (kiri) memberikan informasi tentang pengobatan kanker kepada pasien.
DAMPINGI PASIEN: Elisabeth Meliana (kanan) dan dr Edrick Purnomo Putra CSN (kiri) memberikan informasi tentang pengobatan kanker kepada pasien.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia