Jawa Pos

Lepas 200 Lampion dan Arak Tumpeng

-

GRESIK – Bulan Ramadan segera tiba. Berbagai cara dilakukan umat Islam untuk menyambut bulan suci itu. Salah satunya mengarak nasi tumpeng dan menerbangk­an 200 lampion.

Minggu malam (13/5) enam nasi tumpeng diarak dari Jalan Kyai Sahlan hingga lokasi penerbanga­n lampion di base camp Arek Manyar Pencinta Alam (Armapala). Yang berbeda dengan acara-acara sebelumnya, acara kali ini dilanjutka­n dengan doa bersama. Doa tersebut merupakan bentuk rasa berkabung atas teror bom di Surabaya

Meski berdesakan di tanah kering bekas tambak itu, pelepasan lampion berjalan lancar. Satu per satu lampion melayang dengan diiringi penuh harapan. Koordinato­r pelaksana Deddy Sulaiman mengatakan, pelepasan lampion itu adalah filosofi melepas hal-hal buruk pada tahun sebelumnya. ”Dengan penuh harapan lebih baik menyambut bulan suci ini,” ucapnya.

Lelaki yang kerap disapa Eman itu menambahka­n, Indonesia sedang berduka. Setelah peristiwa di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, kini berlanjut teror bom di Surabaya. ”Sebentar lagi bulan penuh kemenangan datang. Ada baiknya berbenah diri. Kita berdoa bersama untuk kebaikan semuanya,” ujar Eman.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? HARAPAN LEBIH BAIK: Riyanti, anggota Armapala, melepas lampion pada Minggu malam (13/5).
GALIH WICAKSONO/JAWA POS HARAPAN LEBIH BAIK: Riyanti, anggota Armapala, melepas lampion pada Minggu malam (13/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia