Jawa Pos

Ponpes Penggerak Ekonomi Umat

-

GRESIK – Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaus Sholihin kedatangan tamu penting kemarin (14/5). Menteri BUMN Rini Soemarno berkunjung ke ponpes di Desa Suci, Manyar, itu. Kedatangan­nya disambut pengasuh Ponpes Mambaus Sholihin KH Masbuhin Faqih.

”Ini bentuk silaturahm­i BUMN dengan kalangan pesantren,” kata Rini Soemarno. Kedatangan­nya disertai sejumlah petinggi BUMN. Di antaranya, Plt Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Dirut Petrokimia Gresik Nugroho Christijan­to, serta anggota DPR Fraksi PPP Iskandar D. Syaichu.

Sebagai salah satu pesantren besar di Kota Wali, kata Rini, Ponpes Mambaus Sholihin bisa menjadi pelopor pengembang­an ekonomi umat. Itu dapat dilakukan melalui pengembang­an unit-unit usaha.

Dalam kunjungan kemarin, Rini dan petinggi Pertamina menyerahka­n bantuan secara simbolis. Yakni, satu unit pertashop. Itu merupakan bantuan usaha dari BUMN perminyaka­n sebagai sumber pendanaan mandiri pesantren.

Pimpinan Ponpes Mambaus Sholihin KH Masbuhin Faqih bersyukur dengan kunjungan tersebut. Terkait dengan bantuan pertashop, pihaknya berencana menempatka­n unit usaha itu di Kecamatan Balongpang­gang. Bentuknya bisa berupa stasiun pengisian bahan bakar mini di wilayah setempat. ’’Selain mendongkra­k ekonomi umat, ini bisa menjadi sumber pendanaan pondok pesantren,” ujar KH Masbuhin Faqih.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? USAHA BARU: Plt Dirut Pertamina Nicke Widyawati (tiga dari kanan) didampingi Rini Soemarno (dua dari kanan) menyerahka­n bantuan pertashop ke KH Masbuhin Faqih kemarin.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS USAHA BARU: Plt Dirut Pertamina Nicke Widyawati (tiga dari kanan) didampingi Rini Soemarno (dua dari kanan) menyerahka­n bantuan pertashop ke KH Masbuhin Faqih kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia