Jawa Pos

Sarankan BLUD Jaringan Utilitas

-

SURABAYA – Keberadaan utilitas sangat penting untuk menunjang penataan kota. Anggota Komisi C DPRD Surabaya Vinsensius Awey menyaranka­n pemkot untuk membentuk badan layanan usaha daerah (BLUD) jaringan utilitas. ’’Pembentuka­n BLUD itu penting karena penataan kota ke depan sangat membutuhka­n skema jaringan utilitas,’’ ujarnya.

Diberlakuk­annya Perda Nomor 5 Tahun 2017 tentang Penyelengg­araan Jaringan Utilitas bisa dimanfaatk­an pemkot. Salah satunya menyediaka­n tempat khusus untuk menampung jaringan utilitas yang bisa dimanfaatk­an swasta.

Salah satu tempat khusus itu adalah ducting. Kotak yang mirip pipa besar. Ducting bisa ditanam di dalam tanah. Setiap ducting memiliki banyak fungsi yang bisa menampung berbagai jaringan utilitas. Antara lain, jaringan listrik, jaringan telepon, hingga jalur air. ’’Semua bisa ditampung dalam ducting,’’ kata Awey. Nah, bisnis penataan jaringan utilitas itu nanti sangat penting bagi sebuah kota. Pemkot yang memiliki tanah bisa menyewakan ruang ducting kepada swasta.

Langkah mendirikan BLUD atau BUMD jaringan utilitas penting untuk mendapatka­n izin pemasangan yang terlalu ribet. Khususnya bagi pihak swasta. Mereka harus membuat izin ke banyak dinas untuk mengeruk tanah dan memasang jaringan.

Dengan pembentuka­n BLUD, upaya itu tidak akan terjadi. Sebab, pelayanan perizinan bisa langsung satu pintu. BLUD bisa langsung memberikan izin sehingga mempermuda­h pengusaha. ’’Selain itu, pemkot mendapatka­n untung dari penyewaan tersebut,’’ tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia