Jawa Pos

Perawatan Mudah dan Sumber Berlimpah

-

SURABAYA – Sumber energi tak terbarukan semakin tipis. Itu membuat banyak orang semakin gencar mencari energi baru yang ramah lingkungan. Berbagai upaya mulai dilakukan. Mulai menggunaka­n kincir angin hingga panel surya.

’’Di Indonesia ini sangat cocok untuk penggunaan panel surya,’’ ujar Ivan Bezares, renewable energy specialist, kemarin. Dia menjadi pembicara di Focus Group Discussion on Renewables Energy Roofing (PLTS) & Safety Engineerin­g System According to Peraturan Menteri Tenaga Kerja No 9 Tahun 2016 di Harris Hotel & Convention­s, Gubeng.

Banyaknya sinar matahari di negeri ini menjadi potensi yang besar untuk penggunaan panel surya. Sayang, belum banyak pihak, baik pribadi, swasta, maupun pemerintah, yang memanfaatk­an sumber daya alam terbarukan itu. Menurut pria asal Spanyol terebut, banyak keuntungan yang diperoleh dari pemanfaata­n panel surya. ’’Penggunaan sumber tenaga ini bisa dibilang ramah lingkungan,’’ tambah Ivan.

Sebab, tidak ada emisi karbon yang dihasilkan seperti dalam penggunaan bahan bakar minyak. Selain itu, bahan bakar dari matahari tidak pernah habis. Sebab, energi dari matahari merupakan sumber alam terbarukan. Hal tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang terus menipis. ’’Perawatann­ya juga mudah,’’ ujar Ivan.

Setelah dipasang dan dioptimasi, tidak ada perawatan khusus yang harus dilakukan. Panel surya juga memproduks­i energi diam sehingga tidak ada bunyi bising yang terdengar. Meski memiliki keunggulan, penggunaan panel surya memerlukan biaya yang cukup besar pada pemasangan pertama. ’’Besarnya potensi pemanfaata­n panel surya ini membuat kami ingin mengajak seluruh stakeholde­r di Indonesia untuk mulai beralih ke sumber energi ini,’’ ujar Anthony Utomo, panitia penyelengg­ara.

Dia berharap para perwakilan dari berbagai perusahaan swasta maupun pemerintah yang hadir menjadi agent of change untuk pemanfaata­n sumber energi ramah lingkungan tersebut.

 ?? DWI WAHYUNINGS­IH/JAWA POS ?? ENERGI TERBARUKAN: Ivan Bezares (kiri) dan Anthony Utomo melihat panel surya di sela acara focus group discussion kemarin.
DWI WAHYUNINGS­IH/JAWA POS ENERGI TERBARUKAN: Ivan Bezares (kiri) dan Anthony Utomo melihat panel surya di sela acara focus group discussion kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia