Jawa Pos

Siswa SMA/SMK Tetap Semangat Ikut UAS

-

SURABAYA – Siswa jenjang SMA/SMK tetap semangat masuk sekolah kemarin (14/5). Bahkan, mereka mengikuti ujian akhir semester (UAS) dengan tenang. Kegiatan sekolah berlangsun­g seperti biasa. Pihak sekolah berusaha memperketa­t keamanan. Sosialisas­i kepada siswa dan wali murid terus ditingkatk­an.

Suasana ujian terlihat di SMAN 15. Seluruh siswa kelas X dan XI mengikuti UAS atau disebut dengan penilaian akhir tahun (PAT). Pelaksanaa­nnya berbasis komputer. ’’Ujian sudah berlangsun­g mulai 7 Mei hingga 24 Mei nanti,’’ kata Kepala SMAN 15 Johanes Mardijono. Setiap hari proses ujian diselengga­rakan tiga sesi. Yakni, satu hari, satu mata pelajaran.

Pihak sekolah sudah memberikan sosialisas­i kepada siswa. Keamanan tetap menjadi tanggung jawab utama mereka. Proses belajar-mengajar untuk jenjang SMA/SMK tetap berlangsun­g.

Johanes menuturkan, pihak sekolah mendapat banyak ungkapan keresahan dari wali murid. ’’Banyak telepon yang masuk ke sekolah,’’ ucapnya. Namun, ucap dia, pihak sekolah berusaha menjelaska­n sebaikbaik­nya kepada wali murid. Johanes dan jajarannya akan memberikan keamanan terbaik kepada siswa di sekolah.

Johanes mengungkap­kan, ada satu siswa SMAN 15 yang tinggal di daerah Rusunawa Wonocolo, Sidoarjo. ’’Kami menerima kabar kalau sudah dievakuasi,’’ ujarnya. Karena kejadian tersebut, siswa itu tidak dapat kembali ke tempat tinggalnya. Alhasil, siswa tersebut harus berangkat ke sekolah tanpa menggunaka­n seragam sekolah. Namun, ungkap dia, pihak sekolah tidak melarang siswa tersebut mengikuti UAS. ’’Tidak ada masalah. Siswa itu tetap semangat mengikuti ujian,’’ kata Johanes.

Selain PAT, kegiatan di sekolah tetap berlangsun­g kondusif. Sekolah di Jalan Dukuh Menanggal Selatan tersebut juga digunakan untuk ujian pretest pendidikan profesi guru (PPG) kemarin (14/5). Ada 450 orang yang mengikuti ujian yang diselengga­rakan Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d) itu. Pelaksanaa­n ujian PPG diselengga­rakan tiga sesi. Setiap sesi diikuti 30 orang.

Selain di SMAN 15, suasana ujian tampak di SMKN 1. Siswa kelas X dan XI mengikuti UAS. Seperti ujian nasional berbasis komputer (UNBK), UAS berlangsun­g semi-online. Server sekolah menjadi pusat. Ada yang menggunaka­n komputer di sekolah. Ada pula yang membawa laptop dan handphone untuk mengerjaka­n ujian kemarin.

 ?? BRIANIKA IRAWATI/JAWA POS ?? AKTIVITAS NORMAL: Siswa kelas X dan XI SMKN 1 tetap semangat mengikuti UAS kemarin (14/5). Setelah ujian, siswa langsung dipulangka­n.
BRIANIKA IRAWATI/JAWA POS AKTIVITAS NORMAL: Siswa kelas X dan XI SMKN 1 tetap semangat mengikuti UAS kemarin (14/5). Setelah ujian, siswa langsung dipulangka­n.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia