Jawa Pos

Bupati: Sidoarjo Siaga I Siswa Libur Ramadan Lebih Awal

Minta Perketat Keamanan Rusunawa

-

SIDOARJO – Aksi teror bom yang merembet ke Kota Delta membuat pemkab segera mengambil kebijakan. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menegaskan, Sidoarjo siaga I. Dia juga memerintah organisasi perangkat daerah (OPD) mengecek seluruh penghuni flat atau rusunawa.

Keputusan darurat itu diambil Saiful saat menggelar rapat di Pendapa Delta Wibawa kemarin (14/5). Pertemuan tertutup yang dihadiri seluruh kepala OPD tersebut membahas keamanan di Sidoarjo.

Setelah rapat, Saiful mengatakan prihatin dengan aksi teror di Sidoarjo. Dia mengutuk keras tindakan kekerasan yang mengatasna­makan agama tersebut. ’’Teror bukan tindakan membela agama,’’ ucapnya.

Untuk menangkal aksi anarkistis itu, pemkab sudah menyiapkan sejumlah langkah. Pertama, berkoordin­asi dengan pihak keamanan. Setiap wilayah harus dijaga ketat. Mulai perumahan, desa, pusat perbelanja­an, hingga perkantora­n. ’’Kami tetapkan saat ini Sidoarjo siaga I,’’ ujarnya.

Kedua, dia meminta penghuni rusunawa diawasi dengan ketat. Setiap penyewa harus diperiksa. Temuan mencurigak­an harus langsung ditangani. ’’Jangan sampai kecolongan,’’ tuturnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Sidoarjo Sulaksono menjelaska­n, kejadian di Rusunawa Wonocolo membuat pihaknya memperketa­t penjagaan bangunan vertikal tersebut. Aturan baru diterapkan. ’’Kami akan periksa semua penghuni,’’ jelasnya saat ditemui di Pendapa Delta Wibawa kemarin.

Ketua Fraksi PKB DPRD Sidoarjo Achmad Amir Aslichin meminta bukan hanya Rusunawa Wonocolo yang keamananny­a diperketat. Namun, juga rusunawa lain. Misalnya, Rusunawa Pucang dan Bulu Sidokare. Pemkab harus mendata kembali para penyewa dan penghuni rusunawa. ’’Tapi, juga meminimalk­an adanya jual beli kamar rusunawa di luar pengetahua­n pemkab,’’ ucapnya.

SIDOARJO – Mulai hari ini (15/5), sekolah menetapkan hari libur untuk para siswa. Imbauan belajar di rumah tersebut berlaku hingga akhir pekan nanti. Diharapkan, para murid memiliki persiapan yang maksimal untuk menghadapi Ramadan. ’’Libur persiapan puasa,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo Asrofi kemarin (14/5).

Kebijakan tidak masuk sekolah sebelum puasa ditetapkan sejak lama. Hanya, penetapan libur perdana tersebut sejatinya tidak dimulai hari ini, tetapi pada Rabu (16/5). Agar persiapan untuk menyambut Ramadan lebih maksimal, hari libur ditambah.

Meski libur, para pendidik tetap masuk. Mereka mengerjaka­n tugas seperti biasa. Termasuk mempersiap­kan proses pembelajar­an selanjutny­a. Dengan begitu, saat masuk sekolah, semua bahan sudah siap.

Libur awal puasa tidak hanya diberlakuk­an untuk siswa SD dan SMP. Mereka yang menempuh pendidikan di madrasah juga bisa merasakan libur awal puasa mulai hari ini. ’’Kecuali mereka yang harus remidi. Masuk untuk perbaikan nilai,’’ kata Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Sidoarjo Abdul Rahman. Yang masuk hanya para siswa yang nilai ujiannya dianggap kurang. Siswa yang nilainya sudah baik tidak perlu masuk sekolah.

 ??  ?? Total anggaran yang dibutuhkan Rp 69,6 miliar
Total anggaran yang dibutuhkan Rp 69,6 miliar
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? VERIFIKASI ULANG: Petugas mendata penghuni Rusunawa Wonocolo kemarin.
DITE SURENDRA/JAWA POS VERIFIKASI ULANG: Petugas mendata penghuni Rusunawa Wonocolo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia