Jawa Pos

Berburu Syawarma, Sate Lilit, sampai Es Kepal

-

SURABAYA – Areal kolam renang Shangri-La Hotels and Resort didatangi sekitar 40 bloger pencinta kuliner pada Senin malam (14/5). Pencinta makanan yang biasa disapa foodies itu berkesempa­tan mencicipi dan mengulas aneka kudapan untuk Ramadan mendatang.

Salah satu yang terlihat sibuk mengambil menu hidangan utama adalah Vicky Yuwono dari Komunitas Foodies Surabaya. Dia memilih beberapa olahan daging yang dimasak menjadi sate. Pilihannya beragam. Antara lain, sate kambing, udang, ayam, sapi, dan sate lilit. Bumbunya tiga rasa. Yakni, bumbu kacang, matah, atau sambal kecap.

’’Nggak boleh kelewatan ini. Mau aku bikin foto yang konsepnya sate-sate itu berdiri,’’ ujar Vicky sembari memenuhi piringnya dengan beberapa tusuk sate aneka rasa. Selain ragam sate, Vicky tak lupa mengambil kuliner khas India yang terhidang. Yakni, nasi briyani. Menurut dia, perkembang­an kuliner Asia di Surabaya makin masif. Salah satunya, makanan dari India.

Berbeda dengan Vicky yang berburu makanan berat, Jessica Pricillia, salah seorang foodies di akun @ cecekuline­r, memilih mencoba semua dessert dan kudapan ringan. Antara lain, syawarma, rose panna cotta, dan satu makanan penutup yang lagi hit, es kepal cokelat. ’’Lucu sih ini, bisa bikin rasa topping sendiri,’’ tuturnya.

Mereka lantas berkumpul di meja komunitas dan menata makanan-makanan yang sudah disiapkan. Executive Chef Shangri-La Hotels and Resort Kamal Silva menyatakan bahwa menu-menu di atas menjadi hidangan signature pada Ramadan nanti.

’’Kamu akan merasakan kelezatan yang berbeda, bahkan jika ada menu yang sama di tempat lain,” ujar Kamal. Chef asal Srilanka tersebut menuturkan, terdapat beberapa bumbu yang dimodifika­si dan diolah dengan teknik berbeda agar para culinary blogger tersebut bisa mencicipi cita rasa yang unik.

 ?? RESVIA AFRILENE/JAWA POS ?? UPLOAD: Foodies Surabaya saat mencicipi sajian Ramadan di Shangri-La Hotels, Surabaya, pada Senin (14/5).
RESVIA AFRILENE/JAWA POS UPLOAD: Foodies Surabaya saat mencicipi sajian Ramadan di Shangri-La Hotels, Surabaya, pada Senin (14/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia