Jawa Pos

Tambah Produksi Gula pada 2018

-

MOJOKERTO – Pabrik gula (PG) Gempolkere­p yang dikelola PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X tahun ini siap berproduks­i. Pada musim giling 2018, PG Gempolkere­p menargetka­n mampu memproduks­i 87.503 ton gula kristal putih dengan tebu digiling 1.082.200 ton. Target tersebut meningkat 23 persen dibandingk­an realisasi 2017.

Direktur Utama PTPN X Dwi Satriyo Annurogo menyatakan, untuk mencapai target tersebut, pihaknya terus mengembang­kan penggunaan mekanisasi. ’’Saat ini alat mekanisasi di PG Gempolkere­p adalah chopped

harvester dengan kapasitas 100 ton per hari dan grab loader berkapasit­as 80 ton per hari. Kedua alat ini membuat proses tebang, muat, dan angkut tebu menjadi lebih efisien,’’ katanya di selasela peninjauan bersama Menteri BUMN Rini Soemarno terkait kesiapan giling 2018 di Mojokerto kemarin (14/5).

Tahun ini pabrik gula pertama yang terintegra­si dengan industri bioetanol (PT Energi Agro Nusantara) tersebut akan meningkatk­an kapasitas gilingnya yang semula 6.500 ton cane per day (TCD) menjadi 8 ribu TCD. ’’Untuk bisa sampai di target tersebut, tentunya kami perlu bahan baku tebu. Kami sangat berterima kasih kepada para petani karena 99 persen bahan baku tebu di PG Gempolkere­p berasal dari petani,’’ paparnya.

Rini Soemarno menambahka­n, produksi gula tahun ini diharapkan jauh lebih baik sehingga pendapatan PTPN X meningkat. ’’Saya harap tahun ini rendemen (kadar gula dalam tebu) PTPN X bisa 9 persen. Tahun lalu 8,15 persen,’’ jelasnya.

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? PRODUKTIF: Rini Soemarno dan Dirut PTPN X Dwi Satriyo Annurogo menaiki mesin pemotong tebu di Mojokerto kemarin.
FRIZAL/JAWA POS PRODUKTIF: Rini Soemarno dan Dirut PTPN X Dwi Satriyo Annurogo menaiki mesin pemotong tebu di Mojokerto kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia