Jawa Pos

Dua Cagub Berbagi Dukungan Pesantren

-

SURABAYA – Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf sama-sama dekat dengan kalangan pondok pesantren (ponpes). Karena itu, mereka sama-sama mendapat dukungan para kiai dan santri.

Khofifah yang kemarin (15/5) berkunjung ke Sampang memperoleh dukungan para kiai dan santri Ponpes At Toriqi. Di sana cagub nomor urut 1 itu disambut pengasuh ponpes KH Farouq Alawy. Khofifah juga bertemu dengan para tokoh, ulama, dan kiai yang hadir.

Dalam silaturahm­i tersebut, Khofifah meminta doa restu dan dukungan tokoh-tokoh itu. ”Sebab, doa para kiai dan seluruh tokoh sangat penting bagi kami demi kesuksesan pencalonan,” katanya.

Di hadapan mereka Khofifah kembali membeberka­n sejumlah program besarnya untuk Madura jika terpilih. Salah satunya adalah peningkata­n perekonomi­an dari sektor pengelolaa­n migas. Tak hanya mengganden­g masyarakat, program tersebut nanti juga melibatkan para kiai dan ponpes. Dengan cara itu, kekayaan yang ada di sana benar-benar bisa dirasakan warga.

Sementara itu, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno kemarin mendapat dukungan saat hadir dalam zikir Thoriqoh Naqsyaband­iyah Al Kholidiyah di Pesantren Mambaul Hikam, Udanawu, Blitar. Dukungan tersebut disampaika­n dalam bentuk lantunan doa.

’’Seluruh kiai, para badai (koordinato­r thoriqoh) kecamatan, kita doakan dengan khusyuk agar Gus Ipul jadi gubernur Jawa Timur,’’ ujar Mursyid Thoriqoh KH Ahmad Diya’uddin Zamzami di atas panggung. Selain berzikir, Gus Ipul berziarah ke makam ayah dan kakek Kiai Ahmad.

Menurut Kiai Ahmad, dukungan terhadap Gus Ipul bukan tanpa alasan. ’’Ini semata untuk menjalanka­n perintah para kiai sepuh,’’ lanjutnya. Diharapkan, Gus Ipul mendapatka­n kepercayaa­n masyarakat untuk memimpin Jawa Timur pada pilkada kali ini.

Sementara itu, Gus Ipul mengapresi­asi dukungan tersebut. Dia menjelaska­n sejumlah komitmenny­a dalam membangun kawasan selatan Jawa Timur. Termasuk Kabupaten Blitar yang diharapkan bisa tumbuh optimal. ’’Pantai selatan harus digenjot dan pembanguna­n harus berimbang dengan utara,’’ ujarnya.

 ?? TIM PEMENANGAN KHOFIFAH-EMIL FOR JAWA POS TIM PEMENANGAN GUS IPUL-PUTI FOR JAWA POS ?? BEBER PROGRAM: Khofifah bertemu dengan para kiai dan santri di Ponpes At Toriqi, Sampang, Madura. JELASKAN KONSEP: Saifullah Yusuf di Pesantren Mambaul Hikam, Udanawu, Blitar.
TIM PEMENANGAN KHOFIFAH-EMIL FOR JAWA POS TIM PEMENANGAN GUS IPUL-PUTI FOR JAWA POS BEBER PROGRAM: Khofifah bertemu dengan para kiai dan santri di Ponpes At Toriqi, Sampang, Madura. JELASKAN KONSEP: Saifullah Yusuf di Pesantren Mambaul Hikam, Udanawu, Blitar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia