Jawa Pos

Beri Solusi Pedagang Pasar Baledono

-

PURWOREJO – Calon gubernur (cagub) Jateng Ganjar Pranowo berkunjung ke salah satu pasar bersejarah di Purworejo, Pasar Baledono, kemarin pagi (15/5). Meski pasar dengan bangunan baru itu tampak modern, ternyata ada masalah di dalamnya.

Begitu melihat cagub petahana tersebut berkunjung, pedagang sontak mengerubut­i dan mengadukan berbagai persoalan. Cagub yang berpasanga­n dengan Taj Yasin itu memberikan beberapa jalan keluar. Terutama soal modal usaha. ”Tadi (kemarin, Red) pedagang mengatakan butuh kredit. Di Bank Jateng, ada kredit mitra Jateng 25. Kalau perlu, kami pertemukan besok pagi. Kalau perlu, minggu ini,” kata Ganjar.

Pasar Baledono termasuk pasar tradisiona­l yang baru dimodernis­asi. Pembanguna­n pasar itu menghabisk­an anggaran Rp 120 miliar. Pasar tersebut menjadi satu-satunya pasar di Purworejo yang memiliki tiga lantai dengan fasilitas eskalator. Ada juga fasilitas penitipan anak, klinik, perbankan, koperasi, serta ruang pertemuan yang luas dan dilengkapi AC. Pasar tersebut juga dilengkapi CCTV dan sarana penunjang lain.

Ganjar juga menerima keluhan tentang air dan kamar kecil. Pedagang juga mengeluhka­n eskalator yang mati. ”Saya kasih perhatian, mumpung masih baru. Karena kebersihan tidak boleh hanya seminggu sekali tiap Jumat. Setiap hari harus ada. Kalau tenaga manusia kurang, ya pakai peralatan,” kata Ganjar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia