Jawa Pos

Korut Mulai Lucuti Nuklir

-

SEOUL – Korea Utara (Korut) merealisas­ikan iktikad baiknya. Kemarin (15/5) Al Jazeera melaporkan bahwa rezim Kim Jongun itu mulai membersihk­an negerinya dari fasilitas nuklir. Citra satelit menunjukka­n sejumlah bangunan di Punggye-ri, fasilitas utama nuklir Korut, yang sudah rata dengan tanah.

’’Gedung-gedung yang berada di dekat empat pintu masuk terowongan-terowongan nuklir telah dihancurka­n. Ada yang sudah rata dengan tanah, ada yang sedang dalam proses dirobohkan,’’ ujar seorang periset 38 North sebagaiman­a dikutip Associated Press. Dia lantas membanding­kan citra satelit terbaru Punggye-ri dengan gambar yang terprotret pada 20 April lalu.

Kemarin militer Korea Selatan (Korsel) menyatakan bahwa Korut memang mulai menghancur­kan Punggye-ri. Itu menjadi langkah awal menuju penutupan permanen fasilitas nuklir di kaki Gunung Mantap tersebut. ’’Korut sudah melakukan persiapan yang matang untuk menutup fasilitas nuklir tersebut,’’ tutur Jubir Kepala Staf Gabungan Korsel Roh Jae-cheon.

Korut menargetka­n penutupan permanen Punggye-ri pada 23 Mei atau 25 Mei. Pada hari itu mereka akan mempersila­kan jurnalis-jurnalis asing untuk meliput peristiwa tersebut. Pyongyang juga mengundang pengawas internasio­nal untuk memantau denukliris­asi. ’’Dua gedung utama di kompleks itu, Command Center dan Main Administra­tive Support Area, masih berdiri tegak,’’ lapor periset 38 North.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia