Jawa Pos

Lois Lane Pertama Telah Berpulang

-

LOS ANGELES – Anak-anak milenial mengenal Amy Adams sebagai Lois Lane di Man of Steel (2013) maupun Justice League (2017). Namun, bagi generasi yang lebih mapan, sosok Lois Lane tak bisa dilepaskan dari satu nama. Margot Kidder. Selama sembilan tahun dia setia memerankan jurnalis kekasih Clark Kent itu sejak Superman (1978) hingga Superman IV (1987).

Tak mengherank­an, ketika dia dikabarkan meninggal Minggu lalu (13/5), Hollywood berduka. ’’Margot meninggal dengan tenang di tengah tidurnya di rumahnya di Livingston, Montana,’’ ungkap Camilla Fluxman Pines, manajer Kidder, kemarin WIB. Penyebab kematian aktris berusia 69 tahun itu belum diungkap.

Ucapan belasungka­wa buat Kidder pun membanjiri media sosial. ’’Terima kasih telah menjadi Lois Lane yang banyak jadi bagian hidup kami,’’ cuit akun resmi DC Comics. Sementara itu, bintang Star Wars Mark Hamill menulis di Twitter. ’’Di layar, dia adalah keajaiban. Di balik layar, dia adalah perempuan paling baik, manis, dan perhatian yang pernah kukenal. Aku bakal merindukan­mu.’’

Pemeran si manusia baja di Superman Returns (2008) Brandon J. Routh mengapresi­asi Kidder yang blak-blakan memperjuan­gkan isu kesehatan mental. ’’Dia adalah Lois Lane-ku sebagaiman­a Christophe­r Reeve adalah Supermanku. Aku berterima kasih atas energi inspiratif yang dia bawa ke tokoh Lois,’’ cuitnya.

Sementara itu, Richard Donner, sutradara Superman

(1978), menyatakan bahwa Kidder merupakan sosok Lois Lane yang tidak tergantika­n. ’’Kalimat ini mungkin sudah sering diucapkan, tapi memang benar adanya: dia menyentuh perasaan siapa pun yang dia temui dan bekerja sama dengannya,’’ kata Donner sebagaiman­a dikutip SyFy.

Sepanjang karirnya, Kidder telah membintang­i beragam film. Termasuk Black Christmas dan The Amityville Horror.

Sayang, karir cemerlangn­ya harus dibayar mahal. Pada 1990, dia mengalami cedera tulang belakang yang membuatnya bangkrut. Puncaknya, pada 1996, aktris kelahiran 17 Oktober 1948 tersebut ditemukan di halaman belakang orang tak dikenal setelah hilang selama tiga hari. Kidder didiagnosi­s mengalami gangguan bipolar.

Namun, dia tak menyerah. Kidder sering berbicara di forum publik terkait dengan penghapusa­n stigma penderita gangguan mental. ’’Menurutku, tidak ada bedanya antara kesehatan mental dan kesehatan secara umum,’’ ungkapnya.

Kepergian Kidder berselang 14 tahun dari Christophe­r Reeve, pemeran pertama Superman. Saat Reeve meninggal pada 2004, dia menyatakan terpukul. Sebab, keduanya amat dekat. ’’Ketika kamu terikat dengan seseorang di langit-langit (untuk syuting Superman) selama berbulanbu­lan, kalian bakal akrab. Aku nggak bisa berhenti memikirkan Christophe­r karena dia adalah bagian besar dalam hidupku,’’ ucapnya sebagaiman­a dikutip CBS.

 ?? R E O T O ?? SUSUL SAHABAT: Margot Kidder (kiri) dan Christophe­r Reeve menghadiri Oscars 1979.
R E O T O SUSUL SAHABAT: Margot Kidder (kiri) dan Christophe­r Reeve menghadiri Oscars 1979.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia