Jawa Pos

Presiden Tambah Empat Staf Khusus

-

JAKARTA – Meski periode pemerintah­an hanya menyisakan waktu sekitar 15 bulan, Presiden Joko Widodo terus memperkuat jajaran pembantuny­a. Terbaru, Jokowi menambah empat orang staf khusus (stafsus). Empat stafsus itu membidangi keagamaan domestik, keagamaan internasio­nal, komunikasi kementeria­n/lembaga, dan ekonomi.

Di posisi keagamaan domestik, presiden menunjuk anak KH Ahmad Sahal Mahfudz, Abdul Ghofarruzi­n. Kemudian, di bidang keagamaan internasio­nal, presiden memercayak­an kepada sosok mantan Ketua HAM OKI Siti Ruhaini Dhzuhayati. Di bidang komunikasi kementeria­n/ lembaga, presiden menunjuk Vice President Corporate Telkomsel Adita Irawati. Lalu, mantan Dirjen Kementeria­n Desa Ahmad Erani didapuk sebagai stafsus bidang ekonomi.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan, penambahan tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Sebab, seiring dengan perjalanan pemerintah­an, presiden menilai ada peningkata­n intensitas pekerjaan. Karena itu, dibutuhkan tambahan stafsus agar bisa lebih maksimal. ’’Tugas yang begitu banyak di lingkaran presiden memerlukan tambahan stafsus. Dengan perjalanan waktu begitu kompleks beban tugas,’’ ujarnya di Istana Negara, Jakarta, kemarin (15/5).

Penambahan stafsus bidang ekonomi misalnya. Pemilihan Erani berdasar kebutuhan pemaksimal­an ekonomi dan pengelolaa­n dana desa. Kebetulan, Erani merupakan mantan Dirjen di Kementeria­n Desa.

Kemudian, pemilihan Adita, lanjut dia, juga didasarkan atas kebutuhan pembenahan komunikasi, khususnya antar kementeria­n/lembaga. Pengalaman Adita sebagai vice president corporate Telkomsel dinilai sesuai dengan kebutuhan tersebut. Presiden, kata Pram, mengingink­an ada inovasi dalam cara pemerintah berkomunik­asi.

Politikus PDIP itu juga memastikan bahwa penambahan tersebut tidak terkait dengan agenda politik. Karena itu, lanjut Pram, tokoh-tokoh yang diambil tidak berafilias­i dengan partai. ’’Jadi, yang diangkat orang-orang berlatar belakang profesiona­l. Stafsus profesiona­l,’’ imbuhnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia