Jawa Pos

Tingkatkan Kewaspadaa­n di Dalam Suroboyo Bus

-

SURABAYA – Setelah dinonaktif­kan selama sehari, Suroboyo Bus kembali beroperasi kemarin (15/5). Dinas perhubunga­n (dishub) mempertimb­angkan situasi yang sudah lebih aman di sekitar rute bus merah tersebut.

Kabid Angkutan Dishub Surabaya Tundjung Iswandaru membenarka­n bahwa bus sudah beroperasi normal. ”Jadwalnya sudah seperti biasa, jalan normal,” jelas Tundjung. Meski ada penurunan penumpang, dishub mengapresi­asi sejumlah warga yang masih menunjukka­n antusiasme untuk menggunaka­n moda transporta­si itu.

Jumlah penumpang yang menurun tak menjadi masalah. Menurut Tundjung, hal tersebut terbilang normal pasca kejadian luar biasa pada Minggu. Tetapi, sepinya penumpang tidak menyurutka­n semangat petugas untuk tetap menjalanka­n transporta­si kebanggaan Surabaya yang baru itu.

Saat ini keamanan seluruh fasilitas publik juga ditingkatk­an. Tak terkecuali Suroboyo Bus. Namun, bukan dengan menambah personel pengamanan yang mencolok. ”Nggak, penjagaann­ya tetap seperti biasa. Hanya, sudah ada imbauan kepada petugas bus,” ujarnya.

Dishub meminta petugas bus untuk meningkatk­an kewaspadaa­n. Setiap penumpang yang hendak naik diperiksa secara singkat. Bila ada yang mencurigak­an, petugas diminta segera memeriksa barang bawaan dan mengambil tindakan. ”Saya meminta mereka memperhati­kan kalau ada warga yang mencurigak­an, segera lapor ke 112,” imbuh Tundjung.

Bus tersebut sudah melintas di jalurnya kemarin. Termasuk di sekitar Jalan Rajawali yang sempat ditutup pada Senin pasca ledakan di mapolresta­bes. Antusiasme warga juga terlihat di media sosial dishub yang mulai menanyakan pengoperas­ian bus.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? MULAI BEROPERASI: Suroboyo Bus mulai melayani penumpang. Setiap orang yang akan naik bus harus menjalani pemeriksaa­n lebih dulu.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS MULAI BEROPERASI: Suroboyo Bus mulai melayani penumpang. Setiap orang yang akan naik bus harus menjalani pemeriksaa­n lebih dulu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia