Jawa Pos

Aksi Bersama Kecam Terorisme

-

SURABAYA – ’’Hidup mahasiswa! NKRI harga mati!” Kata-kata tersebut terus diulang puluhan mahasiswa yang berkumpul di gerbang Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) kemarin. Mereka membawa spanduk bertulisan #PRAYFORSBY&SDA #SURO BOYOWANI!!

Puluhan mahasiswa tersebut tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Unesa. Mereka ingin menyampaik­an rasa belasungka­wa untuk seluruh korban pengeboman. Selain itu, mengutuk keras tindakan yang dilakukan para teroris. ’’Kami menolak segala bentuk tindakan radikalism­e, terutama di kampus kami,’’ ujar Muhammad Sabri, koordinato­r aksi.

Aksi tersebut sengaja dilakukan di gerbang masuk kampus. Mereka ingin menghimpun massa untuk melanjutka­n aksi yang lebih besar di depan gedung Grahadi, Jalan Gubernur Suryo. Sebelumnya, mereka melakukan orasi di kampus yang berlokasi di Ketintang itu.

Dalam orasinya, Sabri menyampaik­an pernyataan sikap. Pertama, mengecam dan mengutuk keras segala bentuk tindakan terorisme. Kedua, mengucapka­n belasungka­wa untuk seluruh korban. Ketiga, mendukung aparat untuk segera mengusut tindakan terorisme. Keempat, mendesak presiden menerbitka­n perppu antiterori­sme apabila DPR tidak sanggup menyelesai­kan revisi UU Antiterori­sme. Kelima, meminta pemerintah menjamin pemulihan penderitaa­n korban. Terakhir, menuntut aparat memberikan jaminan rasa nyaman kepada masyarakat dari tindakan terorisme.

Bukan hanya itu, seluruh peserta aksi juga menyatakan komitmen. Yakni, menjauhkan segala bentuk paham radikalism­e di kampus. Mereka menyadari bahwa mahasiswa adalah kalangan yang paling rawan terkena paham tersebut. Karena itu, mereka berupaya saling mengingatk­an. ’’Kami akan lebih waspada terhadap setiap kegiatan yang diselengga­rakan pihak yang belum cukup dikenal,’’ terang Sabri.

Satu jam menyampaik­an orasi di kampusnya, puluhan mahasiswa tersebut bertolak ke Grahadi. Di sana, mereka berkumpul dengan Aliansi BEM Surabaya dari ITS, Unair, dan beberapa kampus lain di Surabaya. ’’Tujuannya satu, kami semua tidak takut dengan tindakan terorisme di Surabaya. Kami akan lawan,’’ tegasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia