Jawa Pos

Pencari Kerja Bisa Pantau Alur Penerimaan

-

SURABAYA – Mulai hari ini, pemkot menyelengg­arakan bursa kerja yang diikuti 40 perusahaan. Lokasinya di Gedung Wanita Chandra Kencana, Jalan Kalibokor. Kegiatan itu diharapkan bisa menyerap semakin banyak warga untuk mendapatka­n pekerjaan. Apalagi, pemkot menjamin transparan­si informasi alur penerimaan tenaga kerja.

Para pencari kerja (pencaker) yang mengikuti bursa kerja pemkot itu tidak perlu waswas digantung perusahaan. Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Surabaya Irna Pawanti menjelaska­n, pencaker bisa menanyakan informasi seleksi melalui disnaker. ”Kami di sini membantu untuk klarifikas­i ke perusahaan tempat dia melamar,” tutur Irna.

Pencaker tinggal menghubung­i pihak disnaker dan menyebutka­n nama perusahaan yang mereka tuju. Lengkap dengan data diri untuk dikonfirma­si ke perusahaan.

Penyelengg­araan bursa kerja oleh pemkot itu bertujuan untuk memfasilit­asi perusahaan dan pencaker agar lebih mudah bertemu. Tidak hanya asal dapat kerja, tetapi disnaker juga berperan untuk mix and match antardua pihak.

Irna menyatakan masih sering menemukan pencaker yang melamar tanpa mengetahui posisi yang dilamar secara mendalam. Misalnya, supervisor. Harus diperhatik­an supervisor perusahaan apa dulu. ”Kompetensi supervisor yang dibutuhkan antara perusahaan farmasi dan perusahaan elektronik tentu berbeda,” ucapnya.

Perusahaan, lanjut dia, juga harus memberikan kriteria calon pegawai yang spesifik. Beberapa lowongan menyatakan bisa menerima kandidat dari segala jurusan. Padahal, posisi tersebut juga membutuhka­n keahlian khusus meski hanya untuk tenaga administra­si. ”Kasihan yang jurusan lain sudah telanjur memasukkan lamaran dan tidak mendapat kabar,” sambungnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia