Jawa Pos

Desain Tiang PJU Bertema Pesisir

-

SURABAYA – Pemasangan penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Kenjeran dilakukan kemarin. Petugas mengganti tiang lampu yang sudah usang. Selain penerangan, PJU itu berfungsi memperinda­h kota metropolis.

Berbeda dengan tiang lama yang bundar, tiang yang baru berbentuk segi enam. Di bagian atasnya terdapat ornamen dari pipa besi. Desainnya lebih bagus daripada yang lawas. ’’Desainnya disesuaika­n dengan karakteris­tik wilayah masingmasi­ng,’’ ujar Kasi PJU Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Bagyo Widodo.

Dia menyebutka­n, untuk wilayah Surabaya Timur, PJU didesain bernuansa pesisir. Lampunya juga berbeda. DKRTH secara bertahap mengganti lampu pijar dengan LED. Selain lebih hemat, umur LED lebih panjang. Namun, DKRTH belum berencana menggantin­ya dengan panel tenaga surya. ’’Butuh perencanaa­n panjang untuk menerapkan itu. Selain itu, dari segi harga lebih mahal,’’ jelasnya.

Bagyo menegaskan, petugas secara rutin mengecek kondisi PJU. Tiang yang sudah usang dipriorita­skan untuk diganti. Hingga sekarang, total sudah ada 6.000 PJU yang diganti.

 ?? GALIH ADI/JAWA POS ?? PERINDAH KOTA: Petugas memasang tiang penerangan jalan umum baru di Jalan Kenjeran kemarin.
GALIH ADI/JAWA POS PERINDAH KOTA: Petugas memasang tiang penerangan jalan umum baru di Jalan Kenjeran kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia