Jawa Pos

Telah Laksanakan Misa

Bangunan Gereja yang Rusak Mulai Diperbaiki

-

SURABAYA – Setelah bom bunuh diri di Gereja Santa Maria Tak Bercela, para jemaat mulai bangkit dari trauma. Misa mulai bisa diikuti meski tertutup. Bangunan gereja yang rusak juga telah diperbaiki kemarin (15/5).

Pengurus Badan Gereja Katolik Paroki (BGKP) Laurentius menyatakan, para jemaat tidak ingin terus bersedih. Justru, mereka ingin membuktika­n bahwa setelah tragedi itu, aktivitas gereja tidak berhenti. ’’Semua umat yang ingin berdoa dipersilak­an lewat pintu belakang,’’ katanya.

Seluruh romo dan umat harus tetap tabah terhadap cobaan yang dilalui. Ketabahan tersebut juga dilihat dari partisipas­i warga dari berbagai kalangan di gereja. Mereka memberikan bantuan makanan dan minuman. ’’Kami tidak tahu mereka dari mana. Tetapi, mereka ingin membantu petugas di gereja secara sukarela,” ujarnya.

Laurentius menuturkan, ledakan bom di Gereja Santa Maria Tak Bercela tersebut terjadi pada Minggu pagi (13/5). Lokasinya berada tepat di gerbang masuk. Banyak orang tidak berdosa yang menjadi korban. ’’Bayangkan saja, ada Bayu yang berusaha menahan sepeda motor, dua anak kecil tidak berdosa, dan ibu yang berbisnis di Surabaya yang menyempatk­an diri beribadah,’’ ucapnya.

Meski begitu, seluruh jemaat sudah bangkit. Setelah ledakan bom terjadi, Minggu malam (13/5) dilakukan pembersiha­n. Pada Senin (14/5) hingga kemarin bagian gedung yang rusak diperbaiki. ’’Besok (hari ini, Red) kemungkina­n sudah bersih,’’ jelasnya.

Laurentius menuturkan, misa pada Minggu (20/5) akan diadakan seperti biasa. Gereja bakal menurunkan tim untuk memberikan motivasi kepada umat. ’’Maut itu bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Tidak hanya di gereja. Bergantung iman kita.”

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? LUPAKAN TRAGEDI: Mujito, petugas gereja, membersihk­an kursi dari debu dan serpihan kaca di Gereja Santa Maria Tak Bercela kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS LUPAKAN TRAGEDI: Mujito, petugas gereja, membersihk­an kursi dari debu dan serpihan kaca di Gereja Santa Maria Tak Bercela kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia